Ketua Pengadilan Negeri Fakfak menyerahkan SK Remisi saat memimpin upacara pemberian remisi di Rutan Kaimana.

1 Narapidana Dinyatakan Bebas

KAIMANA, Cahayapapua.com—- Usai mengikuti upacara detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera merah putih di Stadion Triton Kaimana, yang dilanjutkan dengan ziarah nasional di TMP Gunung Genova, Forum Pimpinan Daerah dan seluruh pejabat menghadiri upacara pemberian remisi (pengurangan masa tahanan) kepada delapan narapidana atau warga binaan yang menempati Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kaimana. Upacara pemberian remisi yang berlangsung di Halaman Rutan ini dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Fakfak Heru Hanindyo, SH,MH, LLM.

Narapidana yang mendapat remisi HUT Kemerdekaan RI 71 adalah Lataru dengan pemotongan masa tahanan 5 bulan, Bernadus Jaflean 5 bulan, Lukman 4 bulan, Alfian Talahatu 4 bulan, Slamet Rahayaan 3 bulan, Muh Yulian 2 bulan, Samuel Womsiwor 1 bulan dan Agustinus Mahuse 2 bulan sekaligus mendapat remisi bebas. Pemberian remisi didasarkan pada surat keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: W.31-58.PK.01.01.02 Tahun 2016 tanggal 15 Agustus 2016 tentang Pemberian Remisi Umum Tahun 2016.

Membacakan sambutan tertulis Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly, Ketua Pengadilan Heru Hanindyo mengatakan, warga binaan pemasyarakatan merupakan bagian dari warga negara yang memiliki hak-hak yang perlu dihormati dan dipenuhi. Salah satu hak yang dimiliki adalah pengurangan menjalani masa menjalani pidana (remisi). Remisi merupakan hak yang telah diatur secara tegas dalam pasal 14 ayat 1 undang-undang nomor 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan.

Melalui remisi lanjutnya, dapat mempercepat proses kembalinya narapidana dalam kehidupan masyarakat. Selain itu, Menkumham juga mengingatkan bahwa penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang merupakan ancaman besar bagi masyarakat Indonesia. “Marilah kita bersama-sama melakukan langkah-langkah pemberantasan narkoba yang lebih gencar, berani, komprehensif dan dilakukan secara terpadu,” ujarnya.

Untuk diketahui, upacara pemberian remisi HUT RI ke-71 ini ditandai penyerahan SK Menteri Hukum dan HAM RI kepada perwakilan warga binaan oleh Ketua Pengadilan Negeri Fakfak Heru Hanindyo, SH,MH, LLM. Kesempatan yang sama, Bupati Kaimana Drs. Matias Mairuma menyerahkan bantuan alat musik gitar dan perangkat olahraga kepada warga binaan Rutan Kaimana. Upacara pemberian remisi ini kemudian ditutup dengan acara jabat tangan dengan penerima remisi. (ISA)

Tinggalkan Balasan