Kelompok usaha pemuda pesisir manokwari

10 Kelompok Usaha Pemuda Pesisir Terima Bantuan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Sebanyak 10 kelompok usaha pemuda pesisir menerima bantuan sarana dan prasarana dari Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Biro Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Kepala Biro, Hermus Indou yang diterima perwakilan kelompok pemuda, Rabu (7/10/2015).

Hermus berharap bantuan sarana dan prasarana tersebut dapat merubah cara pandang, sehingga pemuda tidak saja berorientasi menjadi PNS. Tapi mampu untuk menggerakan sektor ekonomi mikro di daerah.

“Angka kemisikinan di Papua Barat cukup besar dan kontribusi pemuda untuk kondisi itu pun cukup besar. Ini karena terbatasnya ruang dan terbatasnya akses terhadap lapangan pekerjaan,” katanya.

Hermus menegaskan, bantuan ini harus digunakan sebaik mungkin agar, pemuda dapat memanfaatkan waktu dengan baik dengan melakukan hal-hal yang produktif.

“Bantuan ini bertujuan untuk menciptakan pemuda sebagai pengusaha ikan, bukan saja menciptakan nelayan sehingga mampu berkontribusi bagi daerah,” ujarnya.

Hermus melanjutkan, program pemberian bantuan bagi pemuda pesisir merupakan pilot projec. Untuk mengembangkannya, telah dijalin kerjasama dengan salah satu Balai Benih Ikan dan Universitas Papua (Unipa).

“Usaha ini mudah untuk dilakukan. Dan, pemuda mampu menjangkaunya. Tahun Anggaran 2016 akan dialokasikan anggaran 10-15 miliar untuk mengembangkan usaha ini,” tuturnya.

Ketua panitia kegiatan, Yan Ayomi mengatakan, bantuan diberikan kepada 10 kelompok. Antara lain, sembilan kelompok tersebar di Kabupaten Manokwari dan satu kelompok di Kabupaten Fakfak.

Bantuan yang diberikan berupa keranjang jarring apung yang diserahkan kepada dua kelompok usaha pemuda. Delapan kelompok lainnya, menerima bantuan berupa freezer dan kulkas. Dengan total anggaran melalui DPA tahun 2015 senilai Rp.1,6 miliar lebih. |RASYID FATAHUDDIN|BUSTAM