Suasana penyerahan berkas Parpol di KPU kabupaten Manokwari.

10 Parpol aman, 9 Parpol harus segera lengkapi berkas

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Senin (16/10/2017) pukul 24.00 Wit, merupakan batas  akhir penerimaan berkas partai politik (parpol). Pada kesempatan itu, KPU Manokwari menerima berkas  dari 10 Parpol peserta Pemilu 2019, diantaranya Partai Perindo,  PKS,  PSI, PDI P,  PAN,  Partai Garuda,  Gerindra, Nasdem, PKB dan Partai Golkar.

Sementara  9 Parpol lainnya,  diberikan waktu 1×24 jam untuk memperbaiki berkasnya mengacu surat edaran KPU RI. Parpol tersebut antara lain, Partai Hanura yang kekurangan jumlah KTP dan KTA yang tidak sesuai Sipol, sama halnya dengan PPP.

Sedangkan Patai Berkarya formulir lampiran 2 model F-2 tidak ada begitupun KTP dan KTA yang tidak sesuai dengan Sipol atau Sistem informasi partai politik.

Kemudian berkas Partai Indonesia Kerja atau PIKA dikembalikan karena KTA dan KTP tidak sesuai dengan Sipol,  sama halnya dengan Demokrat, PKPI, PBB dan PNIM.  Sebaliknya Partai Republik tidak memiliki formulir lampiran 2 model F-2 dengan jumlah KTA dan KTP dibawah syarat jumlah minimum yang tidak sesuai dengan Sipol.

Komisioner KPU Manokwari Aplena A. L Rumakieuw mengatakan, pihaknya memberi waktu kepada Parpol yang belum lengkap berkasnya.

“Masih ada perpanjangan waktu dari KPU RI bagi Parpol yang belum lengkap berkasnya. Kesempatan itu harus dimanfaatkan dengan baik,”kata Aplena kepada wartawan, Selasa (17/10/2017).

Parpol yang belum melengkapi berkasnya diberi waktu hingga Selasa (17/10) tepat pukul 12.00 Wit. Selanjutnya KPU akan melakukan penelitian berkas Parpol mulai Rabu (18/10) hingga (15/11) mendatang. (mar)

Tinggalkan Balasan