Sekda Manokwari FM Lalenoh saat memberikan pengarahan dalam apel pagi di halaman Kantor Bupati Manokari, baru-baru ini. Sebanyak 1000 lebih PNS di Pemda Manokwari belum melakukan pendaftaran ulang.

1000 Lebih PNS Manokwari Belum Daftar Ulang

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Pegawai negeri sipil di lingkup Pemkab Manokwari diimbau untuk segera melakukan pendaftaran ulang. Sejauh ini, dari sekitar 5000-an PNS, yang telah melakukan registrasi sebanyak 3.800 orang. Artinya masih ada 1000 lebih PNS yang belum mendaftar ulang.

Pendaftaran ulang PNS (PUPNS) bersifat wajib bagi semua PNS di seluruh Indonesia. Pendaftaran ulang ini dilakukan dengan sistim on line sehingga bisa dilakukan di mana saja. Adapun batas akhir pendaftaran pada 30 November.

“Jadi kami himbau PNS yang belum mendaftar ulang, tolong (segera daftar). Bagi yang masih tugas belajar dan tugas luar, kami sudah minta ke instansi masing-masing tolong harus dinformasikan. Karena di kita masih ada 1000 lebih yang belum, “ kata Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Manokwari Anton Renyaan di ruang kerjanya, Rabu kemarin.

Bagi PNS yang sudah pindah tugas ke Kabupaten Manokwari Selatan dan Kabupaten Pegunungan Arfak, Anton menyarankan agar mereka tetap mendaftar saja di tempat tugas mereka masing-masing, sekalipun dalam database kepegawaian mereka masih tercatat sebagai PNS Pemkab Manokwari.

“Tidak apa-apa mereka daftar saja, nanti kami punya yang namanya verifikator level I dan level II. Nanti dia yang meluruskan, “ kata
Proses verifikasi dilakukan dari 30 November hingga 31 Desember. Selanjutnya sistim akan dikunci sehingga tidak bisa lagi ada pendaftaran baru.

PUPNS ini sendiri merupakan kebijakan yang diambil Kementerian PAN-RB dalam rangka penertiban data PNS di seluruh Indonesia.

Dengan sistim ini diharapkan bisa didapatkan data yang akurat terkait jumlah maupun status semua PNS di seluruh Indonesia. Untuk di Kabupaten Manokwari sendiri, menurut Anton, pendaftaran ulang sangat dibutuhkan agar bisa diperoleh data yang akurat terkait jumlah PNS di Manokwari setelah adanya pemekaran 2 DOB.

“Jadi jangan sampai tidak daftar sama sekali. Sekali lagi saya imbau, yang belum registasi tolong. Karena 30 November sampai 31 Desember kita verifikasi, dan 1 Januari (2016) jangan kaget, kalau datanya hilang. Yang tidak ada datanya dianggap bukan PNS lagi, “ pungkas dia.| ZACK TONU BALA