Ilustrasi

WASIOR, Cahayapapua.com— Pemkab Teluk Wondama dalam tahun 2018 ini mendapat anggaran untuk  penyediaan 1000 unit rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Perinciannya 300 unit pembangunan baru dan sekitar 700 unit dalam bentuk rehabilitasi lewat program bedah rumah.

“(Total anggaran) sekitar 20 miliar lebih, “ kata Kepala Dinas PU dan Pera Kabupaten Teluk Wondama Agustinus Tangyong dijumpai di kantor bupati baru-baru ini.

Sementara itu khusus untuk bidang bina marga, anggaran dari APBN yang masuk ke Teluk Wondama mencapai 400 miliar.  Sebagian besar dalam bentuk proyek peningkatan jalan serta pembangunan jembatan antara lain pada jalan Trans Papua Barat ruas Manokwari-Wasior.

“Dari provinsi (Papua Barat) sekitar 95 miliar, SDA (sumber daya air) kita belum tahu tapi sekitar 50 miliar, cipta karya untuk air bersih sekitar 25 miliar. Jadi dari APBN tahun ini besar sekali, “ ungkap Agustinus.

Maka dari itu dia berharap masyarakat mendukung berbagai proyek infrastruktur yang akan masuk tersebut dengan tidak melakukan aksi palang memalang atau tuntutan ganti rugi tanah yang berlebihan.

“Jadi tolong jangan dipalang-palang. Harus teman-teman aman bekerja di sini. Jangan sampai yang APBN tidak merasa aman, tahun berikut mereka tidak mau lagi masuk. Bisa-bisa mereka malas kerja di sini, dia lari ke Sorong, Manokwari, Kaimana atau ke Kalimantan karena dia merasa tidak nyaman, “ ujar Agustinus. (Zack Tonu B)

 

Leave a Reply