blogspot.co Ilustrasi Sekolah Hijau

SMK Kehutanan akan Dibangun di Distrik Kais Sorong Selatan

TEMINABUAN, CAHAYAPAPUA.com– Presiden RI, Joko Widodo di sela-sela kunjungannya meninjau Pabrik Sagu Perum Perhutani juga berkesempatan mendengar presentasi dari calon Kepala Sekolah SMK Kehutanan yang rencananya akan dibangun di Kais, Distrik Kais Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel).

Dalam agenda awalnya Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama pembangunan SMK Kehutanan tersebut. Namun seiring padatanya agenda, Presiden Jokowi hanya mendengar presentasi dari calon kepala dan Ketua Kelompok Kerja (POKJA) Papua, Judith N. Dipoputro.

SMK Kehutanan tersebut disponsori Kelompok Kerja (Pokja) Papua, SMK Kehutanan Manokwari, Universitas Negeri Papua (UNIPA), Akademi Komunitas Negeri Sorong Selatan (Akness), Mantika Education, Yayasan Anu Beta Tubat (ABT), PPA Architects, Perhutani, dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Kais, Distrik Kais.

Ketua Kelompok Kerja (POKJA) Papua, Judith N. Dipoputro beberapa waktu sebelumnya mengatakan SMK Kehutanan perlu dikembangkan di Papua melihat besarnya potensi alam yang ada, khususnya terkait sagu yang mulai diolah Perum Perhutani di pabriknya di Kais, Sorsel, Papua Barat.

SMK Kehutanan ini fokusnya pada pengembangan sagu. Dengan demikian, lulusan SMK Keutanan ini akan langsung merasakan manfaat dari keberadaan pabrik sagu Perhutani.

Lulusan SMK itu nantinya diharapkan bisa mengembangkan perekonomian melalui bisnis sagu ini. Sehingga tidak hanya bekerja, tapi bisa berkembang budidaya sagu, pengelolaan alam sagu hingga care taker pengolahan turunan industri hilir pati sagu. |NASIR|EDITOR : BUSTAM