RS Sele Be Solu. www. Sorongkota.go.id

Pasca Gempa, Perbaikan RS Sele be Solu Tak Jelas

SORONG, CAHAYAPAPUA.com- Perbaikan Rumah Sakit (RS) Sele be Solu, Kota Sorong, dinilai tak jelas. Sebab hingga saat ini belum ada proses perbaikannya, bahkan terhenti begitu saja.

Salah satu keluarga pasien RS Sele be Solu, Sutijo mengatakan, salah satu infrastruktur yang paling penting adalah rumah sakit, untuk itu pemerintah daerah harus lebih dulu mengutamakan rumah sakit dibandingkan sarana lainnya.

Karena menurutnya, RS merupakan tempat perawatan warga yang sakit, baik sakit ringan maupun berat.

Hal senada disampaikan salah satu pegawai RS yang enggan namanya dikorankan. Menurutnya, kenapa hingga saat ini RS tersebut tak kunjung diperbaiki.

“Sebenarnya dana perbaikan RS Sele be Solu menggunakan dana apa? Kalau dana penanggulan bencana itu seharusnya dana sudah ada tinggal kerja, faktornya apa. Apakah karena tidak ada dana atau apa gitu,” tutur pegawai tersebut.

Berdasarkan pantauan media ini, tampak masih banyak dinding yang retak dan harus diperbaiki secepatnya, hal ini mengakibatkan ruang Poli Rawat Jalan sebenarnya bisa difungsikan, malah terbengkalai.

Perlu diketahui bahwa, retaknya RS tersebut akibat Gempa bumi berkekuatan 6,8 Skala Richter (SR) yang melanda Sorong Raya pada beberapa waktu lalu.

Padahal bisa dikata, bangunan RS itu baru saja diresmikan, namun banyak dinding yang terlihat retak bahkan sejumlah atap ruangan (plafon) roboh, hal ini menimbulkan pertanyaan banyak kalangan menyangkut kualitas bangunan tersebut. Hingga berita ini diterbitkan, belum ada keterangan resmi dari pihak RS Sele be Solu. |NASIR|EDITOR : BUSTAM