Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Manokwari. Ayu Humaira Bataray

DPRD Manokwari Nilai Infrastruktur UN Online Masih Harus Dikaji

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Manokwari, Ayu Humairah Batarai mengatakan, permasalahan fasilitas penunjuang Ujian Nasional Online yang akan dilaksanakan pada bulan Maret mendatang nampaknya bukanlah sesuatu yang perlu dikwatirkan oleh pemerintah daerah melalui dinas terkait.

Pasalnya, Ujian Nasional Online yang dimaksud, tidak harus dilaksanakan oleh setiap daerah, dan program tersebut merupakan uji coba yang dilakukan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk melihat potensi siswa-siswi dalam menggunakan komputer dalam Ujian Online.

“Hal itu tidak ada paksaan bahwa daerah itu harus mengikuti Ujian Online, karena masih bersifat uji coba,” ucapnya.

Permasalahan kurangnya fasilitas penunjang untuk pelaksaan ujian Online tersebut terletak pada masalah Pendanaan. Untuk itu diharaplan pada tahun ini, SKPD terkait bisa berkoordinasi bersama DPRD Kabupaten Manokwari khususnya komisi yang membidangi masalah tersebut.

Menurutnya, pelaksaan Ujian Nasional Online tersebut juga dapat dilihat dari kesiapan daerah, jika daerah tersebut siap maka Ujian Online tersebut dapat dilaksanakan.

“Tetapi kalau kaya kita di Manokwari, baik dari segi infraksturtur belum siap, sehingga kita perlu mengkaji kembali di tahun 2016 untuk dilaksanakan di tahun 2017,” jelasnya.

Selain itu dirinya juga menjelaskan, saat ini kelulusan siswa/i ditentukan oleh sekolah dengan nilai-nilai ujian nasional dan ujian sekolah yang dicapai di bangku pendidikan. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM