Ilustrasi

Mendesak Dilakukan Intervensi Harga Sembako di Pasaran

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Pemerintah daerah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota melalui instansi teknis terkait perlu menyiapkan langkah cepat menyikapi penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BMM).

“Harga BBM sudah diturunkan sehingga pengontrolan terhadap harga sembako di pasaran harus dilakukan instansi terkait. Karena tidak logis jika harga sembako tidak diturunkan,” kata anggota Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) provinsi Papua Barat, George Dedaida, Rabu (6/1/2015).

Menurutnya, pemerintah di tingkat kabupaten dan provinsi perlu mengendalikan harga-harga kebutuhan pokok hingga mendapatkan basic price (harga dasar).

“Secepatnya, pemerintah harus mengambil langkah nyata. Pengontrolan harga bahan pokok ini harus dimulai dari para distributor. Harus ada inspeksi mendadak,” kata ketua Pospera, Rudi Timisela.

Pemerintah pusat menurunkan harga BBM sejak 5 Januari lalu. Adapun rincian harganya sebagai berikut. Harga solar Rp.6.700 turun menjadi Rp.5.650. Harga premium luar Jawa, Madura dan Bali turun dari Rp.7.300 menjadi Rp.6.950. Wilayah Jawa Madura, dan Bali dari Rp.7.400 menjadi Rp.7.050. |RASYID FATAHUDDIN