Kantor DPRD Manokwari.

PAN Siapkan Pengganti Andarias Wam di DPRD Manokwari

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Manokwari dalam waktu dekat akan menunjuk pengganti antar waktu (PAW) terhadap Andarias Wam.

Sekretaris DPC PAN Kabupaten Manokwari, Onesiumus Isir mengatakan, saat ini PAN sedang mempersiapkan rapat internal untuk membahas PAW Andarias Wam.

Andarias merupakan calon wakil bupati Manokwari yang ikut dalam Pilkada Manokwari Desember 2015 lalu. Ia berpasangan dengan Benny Boneftar.

Menurut Onesimus surat pemberhentian Andarias dari gubernur Papua Barat sudah keluar. Surat tersebut juga sudah diterima PAN.

“Sejauh ini, kami sudah lakukan koordinasi dengan sekretaris dewan serta KPU untuk segera melaksanakan PAW,” terang Onesimus.

Ia mengatakan, nantinya kursi yang ditinggalkan Andarias Wam akan diisi dengan politisi PAN dari daerah pemilihan yang sama yang mengantongi suara terbanyak kedua.

“Sesuai aturan kita harus mengacu pada Dapil yang ada. Namun jika di Dapil tersebut tidak ada, maka kita akan ambil dari Dapil lainnya. Jadi penggantinya itu ada di Dapil III yang berada di posisi kedua yaitu Saudara Yustinus Meidodga,” jelasnya.

Menurutnya, Yustinus berhak duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Manokwari karena memperoleh suara terbanyak kedua di Dapil III.

Terpisah, Sekretaris DPRD Kabupaten Manokwari, Aljabar Makatita mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu rekomendasi yang diberikan PAN untuk melakukan PAW.

“Proses tersebut sepenuhnya merupakan urusan partai. Nanti jika rekomendasi telah diberikan oleh partai barulah surat tersebut diteruskan ke bupati untuk dilakukan pelantikan anggota yang bersangkutan,” terang Aljabar. |ADITH SETYAWAN

Tinggalkan Balasan