Agus Purwanto

Pemprov Diminta Bebaskan Lahan Pembangunan Lapas Tahun Ini

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.comPembangunan Lembaga Pemasyarakatan Manokwari, Provinsi Papua Barat, menjadi fokus perhatian Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, mengingat, kondisi bangunan Lapas tersebut, sudah sangat memprihatinkan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Agus Purwanto, mengatakan, pemerintah Papua Barat, telah menyiapkan lahan di wilayah pasir putih, Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari. Lokasi itu cukup strategis sebagai lokasi Lapas, karena, berada dalam ketinggian, serta jauh dari pemukiman warga.

“Kami berharap, pembebasan lahan itu bisa dilakukan tahun 2016. Sehingga, kami bisa mengajukan anggaran pembangunan Lapas tersebut kepada Kementerian,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat diruang kerjanya, Jumat (8/1) .

Dikatakannya, sudah saatnya status lapas Manokwari meningkat dari kelas IIB menjadi IIA, karena, berada di wilayah ibukota provinsi. Apalagi beberapa waktu lalu, salah satu staf Kepresidenan, Lenis Kogoya, sudah meninjau kondisi Lapas Manokwari, yang saat ini sudah mengalami over kapasitas.

Untuk Lapas Sorong, lanjutnya, tahun ini, akan mendapat kuncuran anggaran untuk pembangunan tanggul. “Lapas kelas IIB Sorong, meskipun juga mengalami over kapasitas, namun lapas tersebut, sudah layak. Persoalan yang selama ini terjadi adalah masalah banjir, setiap kali hujan lebat, lapas ini sering kebanjiran,” jelasnya.

Anggaran pembangunan tanggul Lapas Sorong, sudah masuk dalam DIPA Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, tahun anggaran 2016. “Yang menjadi konsentrasi kami adalah Lapas Manokwari. Warga Binaan di Lapas ini sudah berdesak-desakan, Untuk itu, kami sangat mengharap perhatian gubernur,”kata dia menambahkan. | ARIF TRIYANTO | EDITOR | TOYIBAN

 

Tinggalkan Balasan