Pelanggaran Pilkada

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Kasus pelanggaran Pilkada Kabupaten Manokwari dengan terdakwa berinsial RB yang melarikan diri sudah berhasil diamankan oleh anggota Polres Manokwari, di Kabupaten Serui, Provinsi Papua, Rabu (6/1/2016).

“Terdakwa lari dari panggilan sidang, sudah kami ambil, kemudian segera kita limpahkan kembali,” kata Kasat Reskrim Polres Manokwari, AKP Hengky Kristanto Abadi, kepada wartawan diruang kerjanya, Jumat (8/1/2016).

Dikatakannya, terdakwa RB melarikan diri ke Serui sejak tahun baru 1 januari 2016 dan pada Rabu (6/12) yang bersangkutan berhasil diamankan. Sekitar enam hari terdakwa berada diluar Manokwari.

Dijelaskan Kasat, yang bersangkutan merupakan terdakwa kasus pelanggaran Pilkada Manokwari, dengan tempat kejadian perkara di kampung Binerau. Sementara proses penyidikannya di kepolisian sudah selesai dan berkas perkara kasus tersebut sudah dilimpahkan ke kejaksaan.

Disinggung soal, adanya permintaan dari pihak kejaksaan untuk memanggil paksa terdakwa, Kasat menegaskan apabila kasus yang sifatnya Pilkada pihak kepolisian sudah siap melaksanakannya.

“Kalau perkara yang sifatnya Pilkada, tanpa permintaan kami siap, ini kan masalah kepercayaan publik, publik percaya sama kepolisian, kejaksaan, dan pengadilan, kita tidak bisa abaikan itu. Tanpa permintaan kita tetap tangkap,” tegas Kasat. | ARIF TRIYANTO |EDITOR : TOYIBAN

Leave a Reply