Barnabas Dowansiba

Pertukaran Guru dan Kepsek Diharapkan Lebih Meningkat Tahun Ini

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Tahun 2016 nampaknya memiliki harapan tersendiri bagi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manokwari, Barnabas Dowansiba.

Dimana di tahun ini dirinya berharap program pertukaran guru serta kepala sekolah dapat lebih ditingkatkan oleh Kementarian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pada tahun 2015 lalu, sebanyak 13 kepala sekolah yang terdiri dari Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas serta Sekolah Menengah Kejuruan berkesempatan menimbah ilmu di 13 sekolah yang tersebar di Provinsi Jawa Tengah.

“Program pertukaran guru dan kepala sekolah kita masih menunggu dari pusat saja, tetapi hal ini penting dan perlu dilakukan,” kata Barnabas, siang kemarin.

Sesuai rencana hal tersebut akan kembali dilakukan di tahun 2016, dan ini merupakan kesempatan bagi para guru serta kepala sekolah untuk bertukar pikiran.

Menurut Barnabas, hal tersebut dapat membantu kinerja para guru khususnya kepala sekolah untuk melihat langsung proses pendidikan di luar tanah Papua, sehingga diharapkan semua materi yang diserah dapat diterapkan di sekolah-sekolah yang berada di Manokwari.

Dirinya juga mengharapkan, jika di tahun 2015 para kepala sekolah hanya memiliki waktu 1 minggu dalam menimbah ilmu atau menjabat sebagai kepala sekolah di sekolah lain, maka di tahun 2016 ini diharapkan waktu pertukaran dapat ditambahkan, sehingga effisiensi materi yang diperoleh dapat lebih maksimal.

“Jadi dulu 1 Minggu kemungkinan tahun ini bisa jadi 3 bulan, dan kami juga berharap qouta yang dikirim atau ditukar juga banyak,” tuturnya.

Sebelumnya, tahun lalu, sebanyak 13 kepala sekolah mengikuti pertukaran kepala sekolah ke Provinsi Jawa Tengah. Sekolah tersebut di antaranya SMA Negeri 1 Prafi, SMA Yapis Manokwari, SMA YPK Imanuel Manokwari, SMA Negeri 1 Manokwari, SMA Negeri 2 Manokwari, SMA Warmare, SMK Negeri 3 Manokwari, SMK negeri 2 Manokwari.

Sedangkan untuk tingkat SMP, SMP Negeri 19 Manokwari, SMP Negeri 11 Manokwari, SMP Negeri 13 Manokwari, SMP Negeri 3 Manokwari, serta SMP Negeri 15 Manokwari.|ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM