Ilustrasi

Tak Ada Guru, SD Persiapan Warikon Belum Beraktivitas

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Nasib murid Sekolah Dasar (SD) Persiapan Warikon, Distrik Sidey Jaya, Kabupaten Manokwari, terbilang cukup memprihatikan.

Pasalnya, selama empat tahun sekolah tersebut dibangun, kepala sekolah serta tenaga pengajar berstatus PNS sangat jarang berada ditempat tugas.  Tak hanya itu, hingga saat ini raport para murid di sekolah itu belum juga dibagikan pasca liburan panjang akhir tahun. Aktivitas belajar mengajar hingga saat ini belum juga dilaksanakan.

Salah satu Tokoh Pemuda Kampung Warikon, Distrik Sidey Jaya, Zulkifli Karim saat menghubungi Cahaya Papua, kemarin mengatakan, dengan kejadian ini maka para anak-anak yang berada di Kampung Warikon telah menjadi korban dari kepentingan para pendidik yang harus mengabdikan dirinya di dunia pendidikan di kampung tersebut.

Menurutnya, fasilitas berupa rumah jabatan kepala sekolah telah dibangun dengan megah, namun kenyataannya kepala sekolah yang harusnya bertugas memimpin sekolah tersebut malah lebih mementingkan hidup di kota selama berbulan-bulan.

“Kadang 2-3 bulan baru kepala sekolah datang ke sekolah, padahal rumah Kepsek sudah dibangun begitu megah, namun tidak pernah ditempati,” ungkapnya.

Lanjut Zulkifli, akibat jarangnya kehadiran pimpinan SD Persiapan Warikon, membuat para tenaga pengajar yang merupakan tenaga honorer juga enggan masuk dan melakukan aktifitas belajar mengajar.

Ia berharap kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manokwari dapat memperhatikan permasalahan ini secara baik. Langkah tegas dari pimpinan daerah terhadap kepala sekolah dan para guru juga harus dapat dilakukan. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM