Arsip Cahaya Papua

Pasar Mama-mama Papua Diresmikan Februari

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Pasar khusus yang diperuntukkan untuk Mama-Mama Papua yang dibangun di eks terminal Sanggeng rencana diresmikan pada bulan Februari mendatang.

Saat ini pengerjaan Pasar Mama-Mama Papua tersebut telah masuk dalam tahap ke III atau penyelesaian lokasi pasar.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi, Supomo ketika ditemui kemarin mengatakan, pembangunan Pasar Mama-Mama Papua ini mengalami keterlambatan, mengingat bahan-bahan yang diperlukan harus dipesan dari Pulau Jawa.

“Kita harapan akhir Januari atau awal Februari sudah 100 persen selesai, sehingga tinggal menunggu peresmian dan langsung ditempati,” ucapnya.

Supomo melanjutkan, Pasar Mama-Mama Papua ini akan diisi oleh pedagang Asli Papua yang saat ini tengah berjualan di emperan-emperan Pasar Sanggeng.

“Kita harapkan untuk mereka yang masih berjualan di tanah atau dibawa untuk nanti tempatkan Pasar Mama-Mama Papua ini,” jelasnya.

Sesuai data yang diperolehnya, pasar dengan luasan puluhan meter tersebut dapat menampung kurang lebih 300 pedagang, sehingga diharapkan dengan adanya Pasar Mama-mama Papua ini, semua Pedagang yang merupakan Orang Asli Papua (OAP) dapat terakomodir dengan baik.

Saat ini data para pedagang Mama-Mama Papua juga telah didata oleh Dinas Perindagkop Kabupaten Manokwari, untuk itu dirinya juga berharap agar loss pasar yang telah dibagikan nanti tidak disalah gunakan atau diperjualbelikan kepada pedagang lainnya. Selain itu juga, kebersihan dan keamanan di pasar tersebut juga diharapkan dapat dijaga. |ADITH SETYAWAN|E DITOR : BUSTAM