Drs. Agustinus Moktis

Kantor Perpustakan dan Arsip Daerah Rencana Distribusikan Buku ke Sekolah

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Manokwari, Drs.Agustinus Moktis mengatakan, jumlah buku yang dimiliki Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Manokwari saat ini telah menyentuh angka 2000-an.

Sayangnya, jumlah tersebut tidak sebanding dengan jumlah ruangan perpustakaan yang disediakan, sehingga pihaknya berinisiatif menyimpan buku-buku tersebut dan akan membagikannya kepada beberapa perpustakaan sekolah, kampus, dan beberapa kelompok baca yang tersebar di kabupaten Manokwari.

“Kami rencana mendistribusikan buku-buku ini, terutama kepada kelompok baca yang mengalami kekurangan buku,” kata Agustinus.

Dikatakan, saat ini kelompok baca yang tersebar di kabupaten Manokwari sudah mulai meningkat. Sesuai data yang diperolehnya terdapat lima kelompok baca dengan masing-masing sub kelompok baca yang ditempatkan di penjuru kabupaten Manokwari.

Nantinya buku yang didistribusikan akan dibagikan sesuai keperluan perpustakaan sekolah, kampus atau kelompok baca. Stok buku yang dimiliki saat ini terdiri dari buku pelajaran dan beberapa buku pengetahuan umum, baik dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Buku-buku ini diperoleh dari Kearsiapan Nasional, Badan Perpustakaan dan Kearsiapan provinsi Papua Barat hingga beberapa pengadaan yang dilakukan sendiri oleh kantor tersebut. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM