Barnabas Dowansiba

Guru Akan Diawasi Aparat Kampung

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manokwari, Barnabas Dowansiba, secara tegas mengatakan, setiap guru dan kepala sekolah yang berada di Kabupaten Manokwari akan dicoret sertifikasinya maupun non sertifikasinya, jika para guru atau kepala sekolah tidak menjalankan tugas kerjanya dengan baik.

Ia menuturkan, saat ini pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap kinerja para guru dan kepala sekolah di Kabupaten Manokwari. Di tahun ini akan ada program untuk memantau aktivitas para guru.

“Saya tahun ini sudah programkan untuk pertemuan bersama kepala distrik dan akan ada MoU dengan para kepala distrik, serta kepala distrik melakukan kerjsama dengan kepala kampung untuk mengawasi guru-guru yang ada di kampung-kampung,” ungkap Basnabas kepada wartawan siang kemarin.

Kepala kampung akan bertugas pengawasi kinerja guru di kampong. Jika ada guru yang tidak mengajar terutama yang berhubungan dengan sertifikasi maka para kepala kampung dapat melaporkannya kepada Dinas Pendidikan.

Laporan tersebut, nantinya akan ditindaklanjuti dengan teguran-teguran hingga mencoret sertifikasi atau membatalkan sertifikasi para guru yang malas melaksanakan tugasnya,
Disamping itu peraturan daerah tentang pendidikan juga harus dibuat, agar dapat mengimbangi kebijakan-kebijakan yang nanti diambil.

Ia juga mengatakan, sejauh ini permasalahan para guru dan kepala sekolah tidak berada di tempatnya, sering terjadi di daerah-daerah terpencil yang jauh dari kota.
“Selama ini guru SMA, SMK tidak ada masalah tetapi yang bermasalah ini kebanyakan di sekolah dasar (SD), padahal mereka di gaji,” tuturnya. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM