Kantor Imigrasi wilayah Papua Barat saat melakukan pengawasan tenaga kerja asing di perusahaan PT.SDIC Cement Papua Indonesia.

2015 Kantor Imigrasi Deportasi 142 WN Tiongkok

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Selama tahun 2015, Kantor Imigrasi Manokwari telah mendeportasi sebanyak 142 orang warga negara Tiongkok. Proses deportasi paling tinggi terjadi pada bulan November.

Kepala Divisi Keimigrasian, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Papua Barat, Abdul Rahman yang ditemui, Rabu (13/1/2016) di kantornya, mengatakan, 142 warga negara Tiongkok dideportasi karena terbukti melakukan pelanggaran penyalahgunaan visa.

142 warga negara Tiongkok itu terbukti menggunakan visa kunjungan untuk bekerja di pabrik semen milik PT. SDIC Maruni. Mereka juga telah melanggar Undang-Undang Ketenaga Kerjaan.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Papua Barat terus melakukan pengawasan terhadap warga negara asing di daerah ini. Pengawasan dilakukan dengan bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, baik provinsi maupun kabupaten. “Bulan ini kembali akan dilakukan deportasi terhadap beberapa warga negara asing,” katanya.

Abdul memastikan tahun ini pengawasan akan lebih diperketat. Pihaknya pun akan lebih tegas dalam menindak warga negara asing yang menyalahi aturan.

Sementara itu terkait pemberlakukan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Kepala Divisi Pengawasan dan Penindakan, Kantor Imigrasi Manokwari, Anton Purnomo Hadi, yang ditemui sebelumnya mengungkapkan, pihaknya telah membentuk tim pengawas di beberapa daerah yang menjadi wilayah kerja kantor Imigrasi Manokwari.

Tim pengawas ini telah terbentuk di Kabupaten Teluk Wondama dan Manokwari. Tim yang sama akan dibentuk di Kabupaten Teluk Bintuni dan Manokwari Selatan. “Untuk Teluk Bintuni kami sudah berkoordinasi dengan beberapa instansi terkait di daerah itu, di antaranya Badan Kesbangpol, Disnakertrans dan Kepolisian,” kata dia saat itu. |RIZALDY|EDITOR : BUSTAM