ilustrasi

Warga Belum Punya e-KTP Diminta Segera Mengurus

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Pemerintah Kabupaten Manokwari mengimbau kepada warga Manokwari yang belum memiliki e-KTP (Kartu Tanda Penduduk elektronik), untuk segera mengurus ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau ke distrik- distrik yang melakukan perekaman e-KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Yosep Isir mengatakan, untuk memudahkan masyarakat membuat e-KTP, dinas yang dipimpinnya telah menyediakan alat perekam di beberapa kantor distrik, di antaranya, Distrik Manokwari Barat, Distrik Manokwari Selatan, Distrik Manokwari Timur, Distrik Warmare, Distrik Prafi dan Distrik Masni.

Namun untuk sementara di Distrik Manokwari Timur, Manokwari Selatan, Warmare dan Distrik Masni, belum dapat dilayani, mengingat alat perekaman saat ini mengalami gangguan. Dibutuhkan teknisi dari Pulau Jawa untuk memperbaikinya.

“Jadi sementara yang bisa lakukan perekaman, Distrik Manokwari Barat dan Distrik Prafi dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Kami di dinas juga langsung mencetak e-KTP tersebut,” jelas Yosep Isir ketika ditemui, Kamis (14/1/2016).

Menurut Yosep Isir, sesuai aturan e-KTP wajib dimiliki oleh warga Negara Indonesia sejak tahun 2011 lalu. Hanya saja untuk Kabupaten Manokwari baru diberlakukan tahun 2012.

Yosep Isir mengaku jika Pemerintah Kabupaten Manokwari akan terus menerima warga yang ingin melakukan perekaman e-KTP. Kecuali ada kebijakan baru terkait kartu identitas diri tersebut. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM