Ketua DPR-Papua Barat Matheos E.SelanoST.MM

Mulai Berkantor, Selano Utamakan Agenda Pertemuan Bersama

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-– Pasca dilantik sebagai ketua DPR Papua Barat (DPRPB) oleh Ketua Pengadilan Tinggi di Jayapura beberapa waktu lalu, Rabu (19/1/2016), Matheos E.Selano nampak mulai berkantor.

“Saya datang ke kantor sebagai ketua DPR Papua Barat. Ini tugas konstitusional saya. Apalagi sejumlah agenda menunggu dan menanti untuk dilaksanakan,” kata Matheos E.Selano ketika memberikan keterangan pers di lantai dua gedung DPRPB di Jalan Siliwangi.

Sejumlah agenda kerja yang mengawali tugasnya sebagai pimpinan DPRPB yang akan dilakukan dalam beberapa hari kedepan antara lain, melakukan tatap muka bersama aparat keamanan.

Pertemuan dengan gubernur, forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) serta melakukan pembukaan segel ruang sidang utama kantor DPRPB.

“Saya rasa juga perlu dibicarakan karena sudah lama. Ini perlu ditangani secara persuasif dan berkomunikasi dengan proses yang akan dijalani,”ujarnya.

Dikatakan, saat ini DPRPB belum memiliki agenda kerja tahun 2016. Sebab badan musyawarah (Banmus) belum menetapkan jadwal. Sehingga anggota dewan wajib hadir di kantor dan mengikuti semua agenda.“Saya akan mengomunikasikan hal ini ke sekretariat. Secepatnya kita menetapkan jadwal dewan selama setahun ini,” tuturnya.

Belum adanya fasilitas pimpinan dewan, Selano mengemukakan, normatifnya itu disiapkan seperti, rumah dan kendaraan. Namun dukungan sarana dan prasarana ini bukan kendala dalam melaksanakan tugasnya.

“Kalaupun ada, kita bersyukur. Kalau tidak ada bukan menjadi persoalan. Saya tidak terlalu mempersoalkannya,” ujar Selano lagi.

Ia menegaskan, persoalan adanya pengusulan ketua DPRPB yang sedang diproses itu sah saja. Asalkan melalui aturan dan norma hukum yang berlaku. “Silahkan saja, siapapun bisa melakukannya. Kalau berjalan tidak sesuai dengan aturan, tentu akan menemui persoalan di belakang. Bicara di luar aturan, itu sudah hancur-hancuran dan salah kaprah. Saya juga mendapat informasi pengusulan tersebut,” tandasnya.

Anggota DPRPB, Robert M. Nauw mengatakan, kehadiran ketua dewan diharapkan memberikan dukungan dan semangat bagi kinerja lembaga.“Semua anggota sudah bisa hadir. Sekretaris dewan harus memfasilitasi. Soal dia menolak, itu adalah persoalan nanti,” kata pria yang akrab disapa Roby Nauw ini. (Rasyid Fatahuddin)