Kepala Perum Bulog kantor sub divisi regional manokwari, Suparmo

Distribusi Raskin Lima Kabupaten Tunggu SK Bupati

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Pendistribusian beras miskin atau raskin di Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni dan Teluk Wondama, menunggu penerbitan surat keputusan dari kepala daerah terkait kuota diwilayah masing-masing.    

Kepala Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) kantor sub divisi regional Manokwari, Suparmo mengatakan, raskin untuk lima daerah ini siap disalurkan. Saat ini gubernur telah mengeluarkan SK kuota beras untuk tingkat provinsi.

“ Untuk kabupaten, baru Pemda Pegunungan Arfak yang sudah mengeluarkan SK, sementara empat kabupaten lainya belum,” kata Suparmo beberapa waktu lalu.

Jika SK bupati telah dikeluarkan, lanjut dia, petugas distrik bisa mengumpul uang tebusan dari warga yang menerima jatah beras murah ini, untuk selanjutnya dibayarkan ke Bulog pusat melalui Bank BNI.

“Sebelum membayar ke bank, datang dulu ke kantor Bulog untuk mengambil surat perintah pembayaran. Kemudian, setelah membayar, datang kembali ke kantor Bulog dengan membawa bukti pembayaran untuk mengambil beras,” kata dia menjelaskan.

Menurutnya, harga raskin tidak mengalami perubahan,meski harga beras non raskin terus mengalami kenaikan. Harga beras hingga saat ini masih tetap, yakni Rp. 1.600/ kilo gram.

Ketika ditanya terkait ketersediaan stok beras untuk tiga bulan kedepan, Ia optimis ketersediaan stok beras aman hingga awal April mendatang.

“Stok beras yang saat ini ada di gudang Bulog merupakan beras impor asal Vietnam, kuotanya cukup sampai awal April,” sebutnya lagi.|MUHAMMAD RIZALDY | EDITOR : TOYIBAN