Ilustrasi

Putra Asli Sorsel Lulus Praja IPDN Angkatan XXVI

TEMINABUAN, CAHAYAPAPUA.com– Faldo Dadang Yarollo yang merupakan anak asli Sorong Selatan (Sorsel) lulus menjadi praja (Capra) Insitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XXVI.

Faldo D. Yarollo berhasil lulus menjadi Praja IPDN Angkatan XXVI, setelah melalui proses seleksi mulai dari Manokwari hingga di Kampus IPDN Jatinangor.

Keberhasilan Faldo lulus menjadi Praja IPDN setelah mengikuti Tes Pantukhir yang merupakan tes penentuan akhir, dilaksanakan di Kampus IPDN Jatinangor mulai dari 28 November hingga 5 Desember 2015 lalu.

Kepala BKD Kabupaten Sorsel, Alexander Homer di Kantor Bupati Sorsel beberapa waktu lalu menjelaskan kelulusan Faldo menjadi Praja IPDN Angkatan XXVI berdasarkan Keputusan Rektor IPDN Nomor 892.1-559 Tahun 2015, tertanggal 5 Desember 2015. Keputusan Rektor IPDN ditandatangani langsung oleh Rektor IPDN Ermaya Suradinata.

“Nama Faldo berada pada nomor urut 12 dari 28 Capra asal Papua Barat yang dinyatakan lulus. Faldo dan rekan-rekanya sesama Praja IPDN Angkatan XXVI juga telah dikukuhkan baru-baru ini Kampus IPDN Jatinangor,” terangnya.

Alexander Homer juga menyampaikan, Faldo Yarollo merupakan satu-satunya peserta seleksi Capra IPDN tahun 2015 dari Sorsel yang lulus menjadi Praja IPDN. Sedangkan untuk wilayah Sorong Raya hanya 2 orang yang lulus. Yakni 1 orang dari Kabupaten Sorsel dan 1 orang lagi dari Kabupaten Tambrauw.

Tahap seleksi yang dilalui Faldo dengan sistim gugur. Mulai dari seleksi admintrasi, tes kompetensi dasar (TKD) secara online, tes kesehatan tahap I, tes kesehatan tahap II, tes kesamaptaan, tes psikologi, tes integritas dan kejujuran serta tes Pantukhir online.

Tes Pantukhir dilaksanakan di Kampus Jatinangor, Jawa Barat. Sedangkan tes lainnya dilaksanakan di ibukota Provinsi Papua Barat, Manokwari. “Tes Pantukhir terdiri dari verifikasi faktual dokumen, tes administrasi, tes ulang kesehatan, tes ulang kesamaptaan, dan wawancara,” terang Alex Homer. |NASIR