Anggota Fraksi PDIP DPRD Manokwari, Yunus Induwek.

Pengembangan Kawasan Wisata Pesisir Andai dan Maripi Disambut

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Anggota DPRD Manokwari, Yunus Induwek menyatakan dukungannya atas pengembangan destinasi pariwisata pesisir pantai di daerah ini.

Terkait rencana itu, salah satu ketua RT di Kelurahan Andai ini, menyebutkan Kepala Dinas Pariwisata Manokwari telah melakukan kunjungan di lingkunganya. Kunjungan itu dilakukan menyangkut rencana pengembangan pariwisata di pesisir pantai muara kali andai dan pesisir pantai Maripi, Distrik Manokwari Selatan.

“Hari minggu kemarin, Kadis Pariwisata datang ke rumah saya dan membicarakan rencana pengembangan wilayah pesisir Andai dan Maripi, yang akan dijadikan sebagai salah satu kawasan pariwisata pesisir di Manokwari,” jelas Induwek, Rabu (20/1/2016) .

Ia mengatakan, tidak hanya itu, Kadis Pariwisata bersama stafnya juga telah meninjau lokasi pesisir pantai andai dan pantai maripi dan menyatakan wilayah tersebut sangat strategis untuk dijadikan kawasan pariwisata pesisir.

“Bapak kadis dengan saya, juga langsung pergi lihat tempat yang mahu dijadikan lokasi wisata, dan pak kadis bilang tempat ini sangat pas, sesuai kriteria tempat wisata pesisir” ujar Induwek.

Politisi PDIP yang juga berasal dari daerah pemilihan (dapil) dua, meliputi distrik Manokwari Timur, Manokwari Utara, Manokwari Selatan dan Tanah Rubuh ini, mengaku sangat mendukung program pariwisata yang akan dikembangkan di Dapilnya itu.

Selain dua tempat yang akan dikembangkan itu, ia juga meminta agar pengembangan wisata pesisir di pesisir pantai kampung angresi, pantai dan telaga kabori maripi, pantai aipiri, pantai lebau distik manokwari utara, pantai saubeba dan pantai-pantai lainnya yang memiliki daya tarik wisata lokal.

Ia berharap pengembangan pariwisata pesisir yang akan dikembangkan oleh dinas Pariwisata Kab. Manokwari itu, nantinya dapat dikembangkan mengikuti model pengembangan wisata seperti pantai wisata sanur bali, dan pantai-pantai lainnya yang memiliki daya tarik baik untuk menarik pengunjung.

Ia juga berharap agar dukungan pemerintah provinsi papua barat melalui instansi terkait dapat bersinergi mengembangkan daerah-daerah pesisir menjadi spot-spot wisata yang dapat memberikan nilai tambah bagi keberlangsungan ekonomi masyarakat setempat.

Ia juga berjanji akan menggelar pertemuan dengan semua pemilik hak ulayat, aparat kampung dan tokoh-tokoh di wilayah yang akan dijadikan kawasan wisata pesisir pantai, untuk membahas rencana tindak lanjut pembangunan kawasan pariwisata pesisir. | RIZALDY