Gunung Meja, Salah satu Hutan Konservasi Manokwari

200 Ribu Hektar Hutan Hanya Dijaga 15 Polisi Hutan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Kabupaten Manokwari saat ini hanya memiliki kurang lebih 15 Polisi Hutan. Polhut tersebut bertugas mengawasi kurang lebih 200 ribu hektar hutan yang ada di Kabupaten Manokwari. Hal ini sangat berbanding terbalik antara petugas pengawas hutan dan luasan yang harus diawasi.

Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Manokwari, Erens Nabalin baru-baru ini mengatakan, luas hutan di Manokwari tidak sebanding dengan jumlah petugas keamanan (Polhut).

Ia mengatakan, jumlah Polisi Hutan (Polhut) hanya berkisar 8 petugas. Meskipun saat ini telah ada penambahan 7 anggota Polhut yang telah menyelesaikan seleksi pelatihan Polhut.

“Tentu presentase itu sangat tidak memadai, karena paling tidak 1 Polhut mengawasi seribu hektar, sehingga jumlahnya masih sangat tidak layak,” ucapnya.

Menurutnya hal ini seharusnya menjadi perhatian serius pemerintah, agar kedepannya dapat semakin banyak menyediakan Polhut untuk ditugaskan di hutan-hutan yang ada di Manokwari.

Luasan hutan di Kabupaten Manokwari berkisar 200 ribu hektar, sehingga jika diperhitungkan, satu personil polisi hutan setidaknya mengawasi kurang lebih 15 ribu hingga 17 ribu hektar hutan.

Namun pihaknya bersama pihak terkait akan terus berupaya menjaga hutan di Kabupaten Manokwari, mengingat saat ini tidak sedikit perambaan hutan oleh masyarakat setempat, seiring dilakukan pembukaan kampung baru. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM