Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016. ayobandung.com

Rombongan Ekspedisi NKRI Akan Bertolak dari Jakarta ke Sorong 30 Januari

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Sebanyak 576 orang peserta ekspedisi NKRI koridor Papua Barat, akan diberangkatkan dari Jakarta menuju Kota Sorong pada 30 Januari mendatang.

Asisten I Setda Papua Barat, H. Musa Kamudi melalui pesan singkatnya mengatakan, rombongan peserta ekspedisi NKRI akan diberangkatkan menggunakan kapal KRI Surabaya.

Prosesi pelepasan peserta ekspedisi NKRI, kata Musa telah digelar di lapangan Pusdiklatpassus Kopasus, Batu Jajar Bandung, Rabu (27/1/2016) lalu.

Mewakili Kepala Satuan Angkatan Darat (Kasad), Wakil Kasad Letjen. M. Erwin melepas peserta ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat, turut hadir pada prosesi pelepasan peserta, Ia hadir mewakili Gubernur Papua Barat bersama Karem 171 VWT Kota Sorong.

Ia menyebutkan, sehari sebelum kegiatan pelepasan peserta ekspedisi, dirinya mewakili Gubernur Papua Barat turut menyampaikan materi pembekalan kepada peserta ekspedisi di aula Pusdiklatpassus Batujajar Bandung.

Ekspedisi yang akan dilaksanakan selama empat bulan di wilayah provinsi Papua Barat itu, akan melaksanakan 13 kegiatan yang telah diprogramkan dalam ekspedisi itu.

Ke-13 kegiatan itu yakni;
1.Pendataan kehutanan, flora dan fauna, sosial budaya, potensi bencana dan geologi.
2. Kegiatan Pengabdian masyarakat terdiri dari, pengobatan masal, sunatan massal, operasi katarak dan vivir sumbing.
3. Rehabilitasi rumah ibadah dan gedung sekolah.
4. Pembuatan Mandi Cuci Kakus (MCK).
5. Pembuatan jalan lingkungan.
6. Reboisasi atau penanaman pohon.
7. Penataan administrasi daerah.
8. Pelatihan Bela Negara.
9. Penyuluhan Kesehatan dan KB.
10. Pembagian alat tulis dan kitab suci.
11. Eksplorasi Geowisata.
12. Kegiatan belajar mengajar, dan
13. Pengembangan tanaman pohon pala.

Ia juga menyebutkan, selain peserta tim ekspedisi yang berjumlah 576 orang yang akan melakukan ekspedisi di papua barat, ada juga peserta tim ekspedisi dari delapan kabupaten di Papua Barat yang akan bergabung dalam tim ekspedisi koridor Papua Barat.

“Delapan kabupaten di Papua Barat yakni, Kabupaten Sorong, Fakfak, Kaimana, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Manokwari Selatan, Sorong Selatan dan Tambrauw,” sebut Musa. | RIZALDY|EDITOR : BUSTAM