Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (Kadis ESDM) Papua Barat, Johan Tulus

Program PLTS Diutamakan Bagi Daerah Terisolir

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Provinsi Papua Barat tengah mendorong program pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk daerah yang belum mendapatkan akses listrik di Papua Barat.

Kepala Distamben Provinsi Papua Barat, Yohan Abraham Tulus, kemarin, di ruang kerjanya menyatakan, ditahun ini, pihaknya telah memprogramkan PLTS untuk daerah yang belum mendapatkan akses layanan listrik.

Namun ia mengungkapkan, hingga kini belum mengetahui apakah, program yang diusulkan itu dapat terakomodir dalam Daftar Program dan Anggaran (DPA) 2016 pada instansi yang dipimpinnya itu.

“Tahun ini, sebenarnya kita belum bisa bicara yah, karena DPA kita belum dibagi, karena kita kemarin sudah menyusun program kegiatan tahun 2016,” jelas Tulus, Kamis (28/1/2016).

“Dokumen belum ada ditangan kita, kita belum bisa mengetahui hasil akhir antara pemerintah provinsi papua barat dengan kementerian dalam negeri itu hasilnya bagaimana,” sambungnya.

Meski demikian, ia mengatakan, pada prinsipnya, pihaknya telah memprogramkan PLTS untuk daerah-daerah yang terisolir dan belum mendapatkan akses listrik di provinsi ini.

Terkait daerah sasaran program PLTS, pihaknya belum bisa menyebutkan satu persatu daerah yang akan diberikan PLTS.

Dimana daerah-daerah dengan intensitas cahaya matahari yang dianggap sesuai kriteria dan mampu menyerap energi matahari itu yang akan diprioritaskan.

“Tergantung konteks daerah itu juga, kalau dia panas mataharinya bagus, itu yang bisa, sedangkan daerah dingin dengan intesitas cahaya matahari kurang itu tidak diberikan,” jelas dia.|RIZALDY|EDITOR : BUSTAM