Tenda penampungan untuk Tim Ekspedisi NKRI 2016 yang telah dipasang di Gedung Dharma Wanita Kabupaten Sorsel Kamis 28 Januari 2016.

Tenda Penampungan Tim Ekspedisi NKRI Sorsel Mulai Dibangun

TEMINABUAN, CAHAYAPAPUA.com-– Tenda penampungan untuk tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016 Subkorwil 3 Sorong Selatan (Sorsel) sudah dipasang oleh Koramil 1704 Teminabuan, Kamis (28/1).

Tenda penampungan yang dipasang di samping Gedung Dharma Wanita Kabupaten Sorsel berjumlah sebanyak 7 tenda masing-masing satu tenda pleton dan 6 tenda kompi.

Pemasangan tenda penampungan yang dilaksanakan mulai pukul 07.00 Wit ini dipantau langsung oleh Plt. Sekda Ajis, Perwira Penghubung Kodim 1704 Sorong, Mayor Inf. Budi Hercahyono, Dansub Korwil 3 Sorsel, Mayor Inf. M. Efendi, Kepala Bappeda Suroso, Danramil dan 1704 Teminabuan Kapten Inf. Sukarman.

Menurut Dansub Korwil 3 Sorsel, Mayor Inf, M Efendi, Tim Ekspedisi NKRI Subkorwil 3 Sorsel dijadwalkan akan tiba di Teminabuan 8 Februari 2016 menggunakan transportasi darat dari Sorong.

Dikatakannya tim ekspedisi subkorwil 3 Sorsel berjumlah 150 orang yang terdiri dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri, perguruan tinggi, sukarelawan dan dinas terkait dari Pemda Sorsel, anggota Polres Sorsel, TNI dari Koramil 1704 Teminabuan dan kemungkinan akan bergabung para mahasiswa lokal.

“Kegiatan Eskpedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016 akan dilaksanakan selama 4 bulan hingga Mei mendatang, karena Subkorwil 3 Sorsel akan membawahi juga wilayah Kabupaten Maybrat,” kata dia. “Untuk Korwil Sorsel akan dibagi dalam beberapa tim.”

Tim ia menerangkan, akan bergerak di dalam hutan dan perkampungan untuk mencari dan mendata potensi SDA yang belum dikelola, seperti goa, spesies baru, tempat wisata baru, batu-batu alam, dan mineral yang terkandung di dalam alam. Ada juga tim geologi, flora-fauna, kehutanan dan potensi bencana.

“Kami akan bertugas selama empat bulan. Hasilnya akan dilaporkan ke koordinator wilayah yakni Danrem sebagai ketua dan Dandim sebagai wakil ketua. Bahkan akan dibukukan,” katanya.

Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016 keenam akan mendata dan memetakan semua potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia, mendorong peningkatan kesejahteraan sosial, menumbuhkan rasa cinta tanah air dan meningkatkan pertahanan keamanan nasional. |NASIR