Ketua fraksi Demokrat DPR Papua Barat Aminadap Asmuruf.

DPRPB Minta Pemprov Maksimalkan Pengawasan Harga Sembako

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat diminta memaksimalkan pengawasan harga-harga sembilan bahan pokok (Sembako) di pasaran.

Ketua Fraksi Demokrat DPR Papua Barat (DPRPB), Aminadap Asmuruf menilai, harga bahan bakar minyak (BBM) yang telah diturunkan oleh pemerintah tidak diikuti dengan penurunan harga sembako.

“Kita berharap lembaga ekonomi atau instansi terkait melakukan pemantauan di lapangan. Paling tidak pemerintah mengevaluasi kembali serta mengontrol harga bahan pokok,” kata Aminadap Kamis (28/1/2016).

Menurutnya, kenaikan harga sembako karena dipicu ulah spekulan para pedagang nakal. Dikarenakan minimnya pengawasan yang dilakukan secara periodik.

“Selama ini barang naik terus. Namun sulit sekali untuk turun. Kita bisa alami stagnasi ekonomi pada suatu saat tertentu. Itu akan terjadi jika daya beli masyarakat semakin rendah,” ujarnya.

Aminadap menambahkan, inspeksi mendadak (sidak) harus dilakukan setiap bulan guna menekan ulah spekulan pendagang nakal. “Perlu kebijakan gubernur untuk mengontrol harga sembako di pasaran terutama saat terjadi penuruan harga BBM,” pungkasnya. |RASYID FATAHUDDIN|EDITOR : BUSTAM