Massa pendukung saat menjemput pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Sorong Selatan Samsuddin Anggiluli dan Martinus Salamuk (SAMA).

TEMINABUAN, CAHAYAPAPUA.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati yang menang dalam Pilkada Serentak 9 Desember 2015 lalu.

Rapat pleno tersebut menyusul Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas perkara sengketa Pilkada Sorsel yang menolak gugatan pasangan calon nomor urut dua, Dortheis Sesa dan Lukman Kasop yang diputuskan pada 26 Januari 2016 dengan putusan Nomor 71/PHP.BUP-XIV/2016 dan melegitimasi Keputusan KPU Sorsel Nomor 23/KPU-KAB-032.436622/2015.

Sehingga menjadi dasar bagi KPU untuk menetapkan pasangan calon nomor urut satu, Samsudin Anggiluli dan Marthinus Salamuk atau SAMA sebagai pasangan calon terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wabup Sorsel tahun 2015 dengan perolehan suara sebanyak 16.367 dari jumlah suara sah 31.784.

Penetapan itu ditetapkan melalui rapat pleno terbuka yang digelar di ruang rapat kantor KPU Sorsel mulai pukul 15:56 WIT, Jumat (29/1/2016).

Rapat pleno penetapan itu dihadiri Kapolres Sorsel, Kompol Madun P. Narwawan, Ketua Panwas, Menase Tigori, dan dua anggotanya, pasangan calon nomor urut satu, Samsudin Anggiluli, dan Marthinus Salamuk, Ketua Tim Pemenangan nomor urut satu, Yonathan Salambauw, Kuasa Hukum Pasangan nomor urut satu, Yance Salambauw. Ribuan pendukung dan simpatisan nomor urut satu juga memadati halaman kantor KPU.

Penetapan calon terpilih Bupati dan Wabup Sorsel ditandai penandatangan berita acara penetapan oleh Ketua dan Komisioner KPU Sorsel. Berita acara penetapan tersebut kemudian diserahkan oleh Ketua KPU Sorsel kepada Ketua Panwas Sorsel dan pasangan calon terpilih, Samsudin Anggilu dan Marthinus Salamuk serta kepada Kapolres Sorsel, Kompol Madun P. Narwawan.

Ketua KPU Sorsel, Aristoteles R. Maituman dalam sambutannya menegaskan dengan selesainya penetapan pasangan calon terpilih oleh KPU, maka Pilkada Sorsel telah usai.

Namun dirinya menghimbau seluruh masyarakat agar tidak ada lagi nomor satu atau nomor dua. Selain itu tidak ada lagi rasa was-was mengacungkan Jari Telunjuk atau Dua Jari karena takut dianggap berpihak atau ketika mengucapkan kata SAMA ataupun TEMAN (julukan pasangan nomor urut dua, Dortheis Sesa-Lukman Kasop).

“Jangan lagi membatasi diri mengucapkan sama agar kita sama menjadi teman yang baik, bersinergi, bersama-sama membangun daerah yang kita cintai ini,” tandasnya mengingatkan.

Usai penetapan, pasangan calon nomor urut satu, Samsudin Anggiluli dan Marthinus Salamuk beserta ribuan masa pendukungnya berkonvoi keliling Kota Teminabuan dan selanjutnya menuju Posko Induk yang terletak samping Polres Sorsel.|NASIR|EDITOR : BUSTAM