Gubernur Papua Barat, Abraham O Atururi

Pengadaan Alat Tangkap Nelayan Prioritas DKP Papua Barat

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua Barat, akan memprioritaskan pengadaan sarana tangkap bagi nelayan untuk meningkatkan produktifitas perikanan di daerah ini.

“Sarana tangkap seperti perahu, rumpon dan alat tangkap lainnya tetap kita adakan, karena itu kebutuhan yang paling banyak diajukan masyarakat,” kata Kepala DKP Provinsi Papua Barat, Simon Atururi mengatakan, di kantornya, baru-baru ini.

DKP pun akan melakukan pengadaan sarana budidaya perikanan darat. “Kita juga akan merehab kolam yang sudah ada, mencetak kolam baru dan menyediakan sarana produksi, seperti pakan dan benih ikan,” ucapnya.

Distribusi benih ikan air tawar lanjut dia, dilakukan oleh Balai Benih Sentral (BBS) air tawar di distrik Masni, sedangkan Balai Benih Sentral air laut dilakukan oleh BBS Pulau Mansinam.

Gubernur Papua Barat, Abraham O. Atururi saat meresmikan gedung baru DKP Papua Barat belum lama ini, meminta DKP Papua Barat melakukan pengelolahan hasil laut secara maksimal.

“Termasuk program pemberdayaan masyarakat nelayan, serta program pengawasan pemanfaatan sumberdaya perikanan” kata Bram.

Ia juga meminta penyediaan perahu, mesin dan kapal penagkap ikan harus dilengkapi alat tangkap serta sarana penunjang lainnya harus terus ditingkatkan.

“Termasuk pemberian mesin dan pakan ikan, pembangunan dan rehab kolam dan tambak ikan air tawar” ujarnya.

Ia menyatakan, bantuan itu dimaksudkan agar nelayan, pembudidayaan ikan serta pengelolaan dan pemasaran hasil perikanan dapat meningkatkan produksi dan pemasaran, sehingga berdampak pada peningkatan pendapatan dan kemandirian ekonomi masyarakat. |MUHAMMAD RIZALDY | EDITOR : TOYIBAN