Bupati Manokwari Bastian Salabai berbincang dengan Ketua DPRD Manokwari, Dedi S May usai penetapan dan peresmian Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah serta Raperda Perbendahraan dan Tuntutan Ganti Rugi Keuangan Daerah.

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Bupati Manokwari Bastian Salabai, Jumat (29/1/2016) secara resmi telah menyerahkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Manokwari tahun 2016 kepada DPRD Manokwari.

Ketua DPRD Manokwari diwakili Wakil Ketua II, Frengky Awom mengatakan, proses penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2016 untuk Kabupaten Manokwari terbilang cukup cepat.

Pasalnya, dengan waktu yang singkat Pemda Kabupaten Manokwari berhasil menyelesaikannya, dimana hal tersebut tentunya tidak terlepas dari ketekunan dan kesabaran pemerintah dan anggota DPRD. “Kita sudah bisa melewati semua proses secara baik hingga pembahasan hari ini,”ucapnya.

Sementara itu, Bupati Manokwari Bastian Salabai mengatakan, untuk tahun 2016, target pendapatan untuk Kabupaten Manokwari diproyeksikan menurun menjadi 17,14 persen dibanding tahun sebelumnya, atau sebesar Rp 1,1 triliun.

“Dimana pendapatan tersebut yang diperoleh dari 3 jenis pendapatan daerah masing-masing, PAD, dana perimbangan, pendapatan lain-lain,” jelasnya.

Menurutnya, berkurangnya proyeksi pendapatan, membuat anggaran belanja daerah juga ikut turun ke angka 16,50 persen dengan total 1.119. 587. 484.105,-, dimana masing-masing digunakan untuk belanja langsung dan belanja tidak langsung.

Sehingga pengurangan alokasi dana pada tiap SKPD, adalah karena terkait kebijakan pusat di 2016 yang difokuskan pada pembangunan infrastruktur serta merupakan syarat untuk meningkatkan aktivitas sosial ekonomi di daerah.

Direncanakan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah akan kembali dilanjutkan oleh Pemda bersama DPRD hari ini. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM