Satgas Pelatda PON Papua Barat berpose bersama Gubernur Papua Barat usai dilantik. Satgas ini akan bertugas memantau kemajuan dan perkembangan atlet.

Lantik Satgas Pelatda, Bram Target Peringkat 16 di PON Jabar

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Menjelang ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-19 bulan September mendatang di Jawa Barat, Gubernur Papua Barat, Abraham O. Atururi, Sabtu (30/1/2016) lalu melantik 210 orang Satuan Tugas (Satgas) Pelatda PON Papua Barat.

Mengawali sambutannya, Bram menekankan, agar Satgas Pelatda yang telah dilantik bekerja maksimal, sehingga target Papua Barat meraih peringkat 16 dari 32 provinsi se Indonesia dapat terwujud.

“Kalau ada 34 provinsi dibagi dua jadinya 17, paling tidak dibawah 17, jangan sampai diatas 17 lah, kalau 10 besar, saya kira agak sulit, karena dana kita juga masih kurang,” ujar Bram yang juga sebagai Ketua Umum KONI Papua Barat.

Ia berharap 210 Satgas Pelatda yang telah dilantik dapat bekerja maksimal, untuk meraih medali sebanyak-banyaknya agar dapat menempati peringkat lebih baik dari PON Riau 2012 lalu, dimana Papua Barat meraih peringkat 26 dari 34 Provinsi.

“Jangan sama dengan di Riau, saya kadang-kadang hanya termenung cuma melihat, wah, kok tidak seperti dulu, tapi besok saya harap tidak seperti itu yah,” ucap Bram.

Ia menambahkan, jumlah 210 orang Satgas Pelatda, itu sama dengan satu Kompi Marinir yang pergi perang, dimana jumlah prajurit dalam satu kompi sebanyak 215 orang.

“Jadi atlet kita ini pergi untuk berperang di Jawa Barat, dan pergi untuk menang ya.!,” ungkap Bram menambahkan.

Ia menekankan tugas Satgas Pelatda PON Papua Barat untuk selalu memantau kemajuan dan perkembangan atlet, mulai dari tes kesehatan, VO2 Max, gizi, kesehatan, keamanan, tempat tinggal, hingga kesiapan atlet 100 persen siap bertanding.

“Kita tidak pergi untuk mengantar orang sakit ke Jawa Barat, kita pergi untuk bertempur di sana, jadi kita siap betul, fisik siap, mental siap, intejensi juga siap, sehingga kita bertanding dengan lawan juga bisa pakai otak,” ujarnya.

Ia juga meminta semua pihak untuk mendukung Satgas Pelatda, pelatih dan atlet meraih prestasi maksimal dalam kompetisi olahraga bergengsi di Negara ini.

“Untuk meraih prestasi maksimal dibutuhkan dukungan semua pihak, terutama keluarga atlet, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan seluruh lapisan masyarakat Papua Barat,” ujar Bram.

Sebelum mengakhiri sambutannya, dengan nada haru, sambil terisak sedih, Bram optimis atlet Papua Barat dapat menggelorakan semangat olahraga Papua Barat dengan meraih medali sebanyak-banyaknya pada PON september mendatang.

“Sebelum mengakhiri sambutan saya, pada PON-PON yang lalu, fisik saya tidak seperti ini, saya tau bahwa kita pasti akan dapat medali yang cukup banyak, pegang itu, perasaan saya katakan seperti itu,” ungkap bram mengakhiri. |RIZALDY|EDITOR : BUSTAM