Elisa Sroyer

DPA Raja Ampat 2016 Bernilai 1,3 Triliun Resmi Diserahkan ke SKPD

WAISAI, CAHAYAPAPUA.com— Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Raja Ampat Yusuf Salim secara resmi menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun anggaran 2016 kabupaten tersebut ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Raja Ampat, , Senin (1/2).

Penjabat Bupati Raja Ampat Elisa Sloyer dalam sambutan tertulis yang dibacakan Yusuf mendorong agar DPA tersebut dimaknai sebagai amanat rakyat yang perlu direalisasikan dan tidak hanya dianggap sebagai agenda rutin.

“Pengelolaan DPA 2016 harus benar-benar melalui proses managemen yang profesional, penuh akuntabilitas dan transparan sesuai dengan aturan yang berlaku. Yang lebih penting, seluruh kegiatan pada tahun ini benar-benar membawa perubahan bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Raja Ampat,” kata Sroyer.

“Saya juga mengharapkan agar semua kegiatan yang terakomodir dalam DPA ini benar-benar mematuhi ketetapan waktu sehingga semua pekerjaan dalam rangka pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di Raja Ampat diselesaikan pada waktunya,” tambahnya.

Ia mengatakan saat ini Raja Ampat memang dalam masa transisi pemerintahan namun sebagai aparatus sipil negara ia meminta para PNS untuk tetap fokus menjalan tugas dalam melayani masyarakat.

“Ada dinamika politik diluar sana, namun kita diberi amanah dan tanggungjawab untuk melayani kepentingan masyarakat. Laksanakan kegiatan sesuai dengan koridor yang ada.”

Total APBD Kabupaten Raja Ampat tahun anggaran 2016 sebesar Rp 1.3 triliun terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 50 miliar, Dana Perimbangan Rp 1.1 triliun dan pendapatan daerah lain yang saha sebesar Rp 124 miliar.

Adapun Pemda Raja Ampat menargetkan belanja sebesar Rp 1.3 triliun terdiri dari belanja tak langsung 516 miliar lebih dan belanja langsung sebesar Rp 799 miliar lebih.

Selain itu, ada juga pembiayaan daerah berupa penyertaan modal pemerintah daerah sebesar Rp. 10 miliar dan pembanyaran pokok utang Rp. 3.8 miliar.

Wakil Ketua II DPRD Raja Ampat Yuliana Mansawan dan Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2016-2021 termasuk para muspida dan pimpinan instansi vertikal dan kepala kepala Bank Papua Waisai hadir dalam kegiatan itu. |NASIR