Jusack Karubuy,..

Banyak Pejabat dan Staf Masih Libur, Apel Akbar Batal

WASIOR, CAHAYAPAPUA.com– Pelaksana Harian Bupati Teluk Wondama Jusack Karubuy membatalkan apel akbar yang sedianya dilaksanakan pada Senin, 1 Februari 2016. Alasannya, masih banyak pejabat baik eselon II, III dan IV serta para staf yang belum juga masuk kantor.

“Saya tidak mau buat apel akbar kalau masih banyak pejabat dan PNS yang masih merantau. Buat apa, percuma saja kalau pegawainya 10 yang masuk hanya dua, delapan tidak masuk. Biar nanti Bupati baru yang atur saja, “ ucap Karubuy saat memimpin rapat SKPD, Senin (1/2/2016) di kediaman dinasnya di Manggurai.

Kepada wartawan usai rapat, mantan Kepala Dinas PU Teluk Bintuni ini mengakui disiplin PNS Pemkab Wondama masih memprihatinkan. Hal ini yang mengakibatkan roda pemerintahan maupun pelayanan kepada masyarakat sering tidak jalan lantaran pejabat dan para staf jarang masuk kantor.

“Saya pikir tahun baru jadi sudah ada semangat baru, ternyata sama saja, “ sesal Sekda Teluk Wondama ini.

Dia kembali menginstruksikan pimpinan SKPD agar membuat panggilan kepada semua staf yang belum berada di Wondama untuk secepatnya kembali dan masuk kerja. Setiap SKPD juga diminta mengaktifkan kembali absensi harian.

“Kita perlu tunjukkan ke Bupati yang baru bahwa sudah ada perubahan. Masa kita begini-begini terus, “ lanjut dia.

Asisten III Maria Kamerop dalam rapat itu mengusulkan agar ada pemberian sangsi yang tegas bagi PNS yang malas. Menurutnya di bagian Sekretariat Daerah, sebagian besar PNS sampai sekarang ini belum masuk kantor.

“Kita harapkan Bupati dan Wakil Bupati terpilih nanti bisa tertibkan ini sehingga pemerintahan bisa jalan baik, “ ujar Maria.

Pantauan Cahaya Papua, aktivitas pemerintahan di kompleks perkantoran Pemda di Rasiei sampai sekarang ini belum juga berjalan normal. Kantor-kantor masih tampak sepi karena hanya sebagian kecil PNS saja yang masuk kerja.

Parahnya lagi, jam dinas seperti tidak berlaku. Kalau di daerah lain, jam masuk kantor adalah pukul 08.00 WIT, di Wasior terkadang pukul 11.00, kantor masih dalam keadaan terkunci.|ZACK TONU BALA