Penerimaan Online Praja IPDN Asal Manokwari Meningkat

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Penerimaan yang dilakukan secara online pada tahun 2015 lalu, nampaknya memiliki berkah tersendiri bagi para praja-praja muda asal Kabupaten Manokwari.

Karena kouta untuk Kabupaten Manokwari yang tiap tahunnya hanya bisa dihitung dengan jari, berbeda dengan akhir tahun 2015 dimana Kabupaten Manokwari meloloskan 19 pemuda pemudi yang berhasil duduk dan menuntut ilmu di Institusi Pemerintahan Dalam Negeri itu atau sering dikenal dengan IPDN.

Kepala BKD Kabupaten Manokwari, Anton Renyaan kepada wartawan, Rabu (3/2/2016), mengatakan, jumlah tersebut bisa meningkat karena penerimaan terbaru ini merupakan penerimaan dengan sistem online, dimana setiap siswa yang baru lulus SMA dapat mendaftarkan dirinya melalui alamat yang telah disedikan.

“Sekarang pendaftaran tidak melalui BKD, tetapi secara online langsung dari Sabang sampai Merauke,” ucapnya.

Dikatakan, secara keseluruhan jumlah siswa yang lolos masuk di sekolah tersebut sebanyak 22 orang, namun dalam lanjutan tes yang diberikan 2 siswa dinyatakan gugur dan dipulangkan ke Manokwari.

Lanjut dia, setiap siswa yang lulus dan masuk dalam dalam institusi tersebut maka semua biaya sekolah dan lain sebagainya ditanggung penuh oleh APBN ditahun berjalan.

Dijelaskan, melalui penerimaan online tersebut, maka siswa yang lolos dan masuk didalam IPDN merupakan siswa yang benar-benar memilik kemampuan dalam ilmu pemerintahan,
sehingga diharapkan nantinya mahasiswa tersebut dapat menjadi pemimpin-pemimpin di masa yang akan datang.

Sebagai perhatian pemerintah, selama lima tahun belakangan ini pemerintah telah mengalokasikan dana untuk membantu para mahasiswa atau praja di sekolah tersebut.

“Setiap triwulan pasti ada bantuan ke rekening masing-masing, untuk keperluan seperti sabun, foto copi materi dan lain-lain. Dulu bantuannya sebesar Rp.500 ribu, tetapi sekarang naik sekitar Rp.1,5 juta,” jelasnya.

Saat ini kurang lebih Kabupaten Manokwari memiliki mahasiswa yang tengah menimbah ilmu di Institusi Pemerintahan Dalam Negeri yang tersebar di tiap rayonnya. Dan setelah lulus nanti setiap mahasiswa akan menjalani magang terlebih dahulu di pemerintahan masing-masing. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM