Frans Amerbay, SE, Ketua DPRD Kaimana.

DPRD Telah Menerima Dokumen Pengusulan Cabup Terpilih

KAIMANA, CAHAYAPAPUA.com– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kaimana telah menerima dokumen persyaratan pengusulan calon bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Kaimana masa bakti 2015-2020 Drs. Matias Mairuma dan Ismail Sirfefa, S.Sos,MH yang disampaikan KPUD untuk mendapat SK pengesahan dari Mendagri melalui Gubernur Papua Barat. Dokumen persyaratan dimaksud diterima pihak sekretariat DPRD pada Senin 1 Februari 2016.

Informasi ini dibenarkan Ketua DPRD Kaimana Frans Amerbay, SE saat dikonfirmasi terkait tindaklanjut dari proses pengusulan SK pengesahan bupati dan wabup Kaimana terpilih yang disampaikan KPUD. Kepada Cahaya Kaimana di Ruang Kerjanya, Selasa (2/2/2016), Frans Amerbay mengatakan, dokumen yang diterima DPRD dari KPUD adalah terkait berita acara perhitungan suara, keputusan KPUD tentang penetapan calon terpilih serta surat keputusan Mahkamah Konstitusi tentang hasil gugatan.

Lebih jauh dijelaskan, setelah diteliti, masih ada berkas yang perlu dilengkapi oleh KPUD. Olehnya pihak DPRD telah mengirim surat kepada KPUD agar segera melengkapi berkas yang masih kurang. Ia berharap KPUD segera melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Dikatakan, setelah berkas dilengkapi, DPRD akan melakukan penelitian terkait kemungkinan adanya berkas yang perlu diperbaharui karena masa berlakunya telah selesai. Setelah dokumen dinyatakan lengkap lanjut Frans, DPRD melalui badan musyawarah akan menetapkan jadwal sidang paripurna istimewa untuk pengesahan pengusulan.

Kemarin KPU sudah menyerahkan dokumen ke Sekretariat DPRD yang pertama menyangkut berita acara perhitungan suara, keputusan KPU tentang penetapan calon terpilih serta surat keputusan MK menyangkut gugatan. Berkas itu setelah kita teliti ada yang perlu dilengkapi. Kami sudah buatkan surat kepada KPU untuk segera melengkapinya. Mungkin ada dokumen yang perlu diperbaharui misalnya saja SKCK atau mungkin surat kesehatan. Kalau masa berlakunya sudah berakhir kan harus diperbaharui. Setelah lengkap nanti akan diparipurnakan, kemudian diusulkan ke Mendagri melalui Gubernur Papua Barat,” jelas Frans sembari menambahkan bahwa DPRD telah menerima edaran Mendagri terkait pengusulan calon terpilih.

Menutup pernyataannya, Frans juga menyampaikan bahwa DPRD sudah menerima laporan terkait adanya proses gugatan dari dua pasangan calon ke PTUN dan DKPP. Untuk itu dirinya meminta agar bukti gugatan disampaikan juga secara tertulis kepada DPRD. “Disisi lain kita juga sudah menerima laporan bahwa proses gugatan ke PTUN dan DKPP sementara berlangsung. Kita minta supaya dua kandidat ini, kalau memang ada bukti bahwa itu sedang berlangsung mohon disampaikan juga ke DPRD. Kita tidak bisa menerima hanya laporan lisan. Secara administrasi harus dibuktikan, apakah proses itu sudah dilakukan atau belum,” tukasnya. (ISA)