Wakil Bupati Manokwari, Rober KR Hammar

Hammar Minta Pembentukan Kota Madya Manokwari Mulai Dilakukan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Wakil Bupati Manokwari, Roberth KR Hammar yang masa jabatannya terhitung sejak 7 Februari kemarin secara resmi berakhir, menilai sudah saatnya Pemda Manokwari menyiapkan pembentukan kota madya Manokwari.

Robert Hammar mengatakan kota madya sudah harus ada sehingga nantinya menjadi ibukota provinsi Papua Barat. “Hal tersebut perlu dilakukan agar pengembangan daerah di Manokwari dapat berjalan lebih maksimal,” ucapnya.

Ia mengatakan sudah saatnya persiapan-persiapan menyambut kota madya tersebut dilakukan, sehingga tujuan serta tugas fungsi kabupaten dan kota madya dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Meski menyatakan demikian, namun Hammar mengakui sejauh ini belum ada persiapan sarana dan prasarana untuk pemindahan kabupaten induk Manokwari ke dataran Warmare, Prafi, atau Masni.

Ia mengatakan 3 sarana prasarana di 3 distrik tersebut perlu ditingkatkan agar ketika kota madya terbentuk kabupaten induk dapat membangun secara luluasa di lokasi baru. Itu juga diperlukan agar roda pemerintahan kabupaten induk ketika dipindahkan bisa berjalan secara optimal.

“Aset pemerintah kabupaten yang ada saat ini akan diambil dan digunakan untuk aktivitas kota madya seperti kantor bupati lama maupun yang digunakan saat ini tentunya ini bisa saja diambil sebagai aset kota madya,” kata dia.

“Untuk itu perlu persiapan matang baik dari sisi anggaran maupun sistem pembangunannya, sehingga jika nantinya kabupaten manokwari terpisah dari kota madya semua yang diperlukan sudah dipersiapkan dengan baik.” |ADITH SETYAWAN