Ekspedisi NKRI PB

Target Ekspedisi NKRI Salah Satunya Rumah Kaki Seribu

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Warisan Budaya Rumah Kaki Seribu warga pegunungan Arfak akan menjadi salah satu satu target yang akan diteliti oleh tim ekspedisi NKRI Papua Barat.

Hal ini terungkap dalam jumpa pers tim ekspedisi NKRI koridor Papua Barat yang digelar di Makodim 1703 Manokwari, kemarin.

Ketua Harian Ekspedisi NKRI Papua Barat 2016 Kolonel Infantri Iksan Sutaji mengatakan, rumah kaki seribu menjadi target penelitian karena merupakan warisan budaya masyarakat pegunungan Arfak yang masih belum terekspos secara maksimal.

“Selain itu tim juga akan meneliti kekayaan alam flora dan fauna, sosial budaya di wilayah lain di provinsi Papua Barat,” kata Iksan.

Ekspedisi Papua Barat akan dilakukan di 8 kabupaten di Papua Barat yakni

Kaimana, Tambrauw, Fakfak, Kota Sorong, Sorong Selatan, Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak. Iksan mengatakan tiap daerah akan diturunkan tim sekitar 150 orang.

Untuk wilayah Manokwari Selatan, Teluk Wondama dan Teluk Bintuni, ia mengungkap dijadwalkan akan tiba di Manokwari besok untuk kemudian menuju ke daerah masing-masing. Tim ini diberangkatkan dari Surabaya dan telah tiba di Kota Sorong beberapa hari lalu.

Ekspedisi Papua Barat 2016 melibatkan ribuan orang terdiri dari kalangan TNI AD, Polri, PNS dan akademisi serta mahasiswa. Tim melibatkan akademisi dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjajaran (UNPAD) dan Universitas Brawijaya serta Institut Teknologi Bandung ITB.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menurut Iksan mengatakan menginginkan agar jumlah peserta ekspedisi Papua Barat lebih dari 1000.

Untuk menyiasati ini Iksan mengatakan tim tiap daerah yang terdiri dari 150 orang merupakan gabungan dari tim lokal yang terdiri dari unsur TNI, Polri serta PNS dan mahasiswa. Hasil ekspedisi akan dibukukan seperti hasil ekspedisi sebelumnya di Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara.

Iksan mengatakan puncak ekspedisi akan di gelar di Kaimana yang akan dihadiri Puan Maharani, gubernur se Indonesia. Para peserta dari kabupaten lain akan diberangkatkan menggunakan kapal.

Dandim 1703 Manokwari Kolonel Infantri Satrio Ariwibowo mengatakan pihaknya tetap akan siap menerima tim Ekspedisi NKRI 2016 yang akan menjadi tanggungjawab Kodim 1703 yakni untuk wilayah Bintuni, Mansel dan Wondama.

Sedang Kabid Humas Polda Papua Barat AKBP. Johan H. Sitorus mengatakan Polda Papua Barat sudah siap untuk mendukung kegiatan ekspedisi, baik dari sisi pasukan yang nanti akan ikut serta dalam kegiatan ini.

Ekspedisi NKRI 2016 ini difasilitasi Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Tim ekspedisi ini rencana akan diterima secara resmi di lapangan Borarsi Kamis (11/2) nanti. | ADLU RAHARUSUN