Pilkada Papua Barat

Pemuda Serukan Politik Santun pada Pilgub 2017

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-– Konstalasi politik jelang pilkada gubernur dan wakil gubernur Papua Barat 2017 mendatang semakin terasa. Sejumlah nama digadang-gadang akan meramaikan suksesi Papua Barat ini.

Salah seorang tokoh pemuda, Jefry Auparai mengatakan, kandidat-kandidat maupun tim sukses sudah melakukan manuver politik dengan memanfaatkan media massa maupun media sosial.

“Disayangkan, statemen politik yang dikeluarkan sejumlah tim sukses dan beberapa figur tertentu justru mengganggu stabilitas keamanan dan politik di daerah ini,” kata Jerfry baru-baru ini. “Kami menyerukan agar kedepankan politik santun.”

Jefry mengimbau, sejumlah nama yang dijadikan figur serta tim sukses harus bisa menahan diri agar tidak memperkeruh situasi di daerah sebab masih ada sejumlah tokoh besar di daerah ini yang hingga kini, namanya belum mencuat ke publik.

Ia mengklaim sejumlah nama yang disebut tersebut tidak semua akan lolos dalam seleksi pencalonan pada Pilkada 2017 mendatang. “Diprediksikan, tiga calon saja yang akan lolos. Persaingannya cukup berat, dukungan partai merupakan syarat konstitusional. Kalau ada calon independen sudah harus bekerja dari sekarang,” tuturnya.

Jefry menambahkan, calon pemimpin Papua Barat harus miliki komitmen untuk membangun daerah dan masyarakat Papua Barat. “Masyarakat semakin pintar dalam memilih pemimpin yang pantas diberikan kepercayaan,” tandasnya. |RASYID FATAHUDDIN