Seorang nelayan sedang memikul tangkapan ikan tuna. Ikan tuna mansel berhasil menembus pasar Jepang. Foto Soetanto, Mansel

Ikan Tuna Mansel Tembus ke Negeri Sakura

MANSEL, CAHAYAPAPUA.comTangkapan Ikan Tuna nelayan di Manokwari Selatan rupanya sudah merambah pasar global. Salah satunya ke Jepang.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Manokwari Selatan menyatakan, distribusi tuna tangkapan nelayan lokal ke negeri sakura itu melalui jalur Manokwari- Makassar- Jakarta- Jepang.

“Kami dapat informasi bahwa sejak bulan Oktober hingga Desember tahun lalu, nelayan lokal sudah memasarkan 2000 Kg ikan dengan kisaran harga harga 66000/Kg,” katanya Selasa (9/2) di Balai Kampung Sidomulio distrik Oransbari saat menghadiri pengesahan APBD Mansel tahun 2016.

Tahun lalu, Pemda Mansel melalui dinas kelautan dan perikanan mengalokasikan anggaran untuk pengadaan rumpon laut dalam untuk nelayan tuna. Rumpon itu berlokasi pada pada radius 16 dan 17 mil dari pantai Oransbari.

“Penentuan lokasi melalui perhitungan yang cukup matang dan didukung oleh alat untuk mendeteksi kedalaman serta ekosistem yang ada dalam radius tersebut,” katanya.|SOETANTO