Warga terlihat bergotong royong bekerja untuk menambal jalan berlubang di Swapen Perkebunan, kemarin. Jalan di lokasi itu banyak berlubang dan menciptakan genangan air saat turun hujan sehingga membayakan pengendara yang melintas.

Jalan Berlobang Swapen Perkebunan Dorong Kepedulian Pemuda

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Kondisi ruas jalan Swapen Perkebunan memprihatinkan. Di beberapa titik terdapat lubang-lubang menganga yang saat turun hujan berubah menjadi kubangan-kubangan air.

Keadaan itu nampaknya memicu kepedulian sekelompok pemuda di jalan itu serta anggota dewan untuk memperbaikinya secara terbatas.

“Walaupun hasilnya tidak begitu maksimal tapi lubang-lubang yang ada bisa tertutupi. Saya mencoba menfasilitasi kebutuhan perbaikan seadanya,” kata anggota DPR Papua Barat, Jhon Dimara, Rabu (10/2).

Jhon yang kebetulan berdomisili di daerah Swapen menegaskan, aksi sosial ini murni dilakukan tanpa ada muatan politik menjelang Pilkada Papua Barat.

Mobilitas masyarakat di ruas jalan yang searah kantor Balai Besar Jalan dan Jembatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Wilayah Papua dan Papua Barat itu kini cukup tinggi. Mobilitas yang tinggi tersebut rawan memicu kecelakaan karena terdapat sejumlah lubang menganga tepat di tengah jalan.

Sebenarnya pada tahun 2015 ruas jalan ini sempat ditingkatkan namun tidak dilakukan secara keseluruhan. Akibatnya di beberapa titik terjadi kerusakan. Warga berharap pemerintah dapat memperbaiki kembali jalan tersebut tahun ini. |RASYID FATAHUDDIN