Pimpinan dan Anggota DPRD Wondama Berfoto Bersama dengan Mantan Bupati Alberth Torey dan Mantan Wabup Zeth B. Marani Usai Paripurna Istimewa Pengesahan Bupati dan Wabup Terpilih

Imburi – Paul Indubri Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wabup Terpilih

WASIOR, CAHAYAPAPUA.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Teluk Wondama secara resmi mengesahkan Bernardus Imburi dan Paulus Indubri sebagai bupati dan wakil bupati terpilih.

Penetapan Imburi dan Paul sebagai pemimpin Wondama periode 2016-2021 dituangkan dalam SK nomor : 3/Kpts/DPRD-TW/II/2016 yang dibacakan dalam rapat paripurna istimewa dengan agenda pengumuman pengesahan bupati dan wakil bupati terpilih, Rabu (10/2) di ruang rapat DPRD di Rasiei.

Paripurna istimewa yang dipimpin Ketua DPRD Kuro MR. Matani dan dihadiri 17 anggota itu diawali dengan pembacaan keputusan KPU Teluk Wondama tentang penetapan pasangan calon terpilih atas nama Imburi dan Paul.

Dalam sambutannya, Kuro Matani kembali menegaskan bahwa DPRD tidak pernah punya niat untuk sengaja mengulur-ngulur waktu pelaksanaan rapat paripurna istimewa sebagaimana tudingan sejumlah pihak.

Adapun keterlambatan pelaksanaan paripurna istimewa untuk mengesahkan bupati dan wabup terpilih semata-mata disebabkan DPRD baru menerima penyerahan dokumen hasil pleno penetapan calon terpilih dari KPU Teluk Wondama pada 25 Januari lalu.

“Pada saat penyerahan dokumen itu bertepatan dengan kegiatan peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD ke luar daerah maka pelaksanaan rapat paripurna istimewa baru dapat dilaksanakan pada hari ini, “ jelas Kuro.

Terkait pengembalian dokumen hasil pleno KPU setelah diserahkan ke DPRD pada 22 Desember silam, Kuro menerangkan, itu dilakukan lantaran penyerahan dokumen oleh KPU tidak mengikuti mekanisme yang lazim yakni dalam forum rapat DPRD.

“Jadi jangan sampai dikatakan menolak, bukan menolak tapi dikembalikan lagi untuk dijalankan sesuai mekanisme, “ jelas politisi partai Nasdem ini.

Dengan telah dilaksanakannya paripurna istimewa untuk mengesahkan bupati dan wakil bupati terpilih hasil Pilkada 2015, maka DPRD Teluk Wondama telah menjalankan semua tahapan sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan.

“Sekarang tanggungjawab DPRD  sudah selesai, kita tunggu saja kapan (bupati dan wabup terpilih) mau dilantik itu, urusan pemerintah pusat, “ ujar anggota DPRD dari PDIP Yulianus Torey.

Meski molor sekitar dua jam, rapat paripurna istimewa berlangsung lancar. Ikut hadir dalam forum tersebut mantan bupati Alberth H. Torey bersama mantan wakil bupati Zeth B. Marani, Kapolres AKBP Fits Sokoy serta belasan pejabat eselon II dan III di lingkup Pemkab Wondama. |ZACK TONU BALA