Sius Dowansiba (Kemeja Merah), salah satu anggota DPRD Kab. Pegaf

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-– Anggota DPRD Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf), Sius Dowansiba medesak agar pembagian dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk kabupaten tersebut diberikan secara terpisah dari Manokwari selaku kabupaten induk.

Menurtnya, pemisahan itu bertujuan agar pengelolaan dana otsus di wilayahya berjalan maksimal untuk mendorong pembangunan masyarakat secara merata dari distrik hingga kampung. Dentgan demikian, upaya percepatan pembangunan didaerah itu tercapai.

Ia mengungkap, hingga kini, dana Otsus untuk Pegaf masih mengikuti pemerintah Kabupaten Manokwari.”Menyangkut dana Otsus khusus pemerintahan Kabupaten Pegunungan Arfak, pengelolaannya belum dipisahkan dari kabupaten induk Manokwari” kata dia beberapa waktu lalu.

Untuk itu ia meminta pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi Papua Barat melihat secara jelas kedudukan pemerintah Pegaf sebagai kabupaten sendiri.

“Pemerintah Provinsi harus melihat pengalokasian dana otsus untuk kabupaten Pegaf secara utuh dan terpisah dari kabupaten induk, sehingga pengelolaan dana otsus itu jelas,” kata dia lagi. | MUHAMMAD RIZALDY | EDITOR : TOYIBAN