Trayanus Rumsayor.

Legislator: Perlu Raperda Khusus untuk Lindungi Budaya Papua

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Kabupaten Manokwari harus memiliki payung hukum yang mengatur tentang Tata Letak Budaya serta Karya Seni Asli Papua.

Ini agar budaya asli Papua dapat tetap terlindungi hingga ribuan tahun ke depan. Hal ini dikemukakan anggota DPRD Manokwari, Trayanus Rumsayor kepada wartawan, kemarin siang.

Ia mengatakan, aturan yang dimaksud seharusnya dikemas dalam Raperda yang membahas tentang budaya. Yang tidak hanya identik dengan karya seni ataupun kesenian daerah.

Dijelaskan, pengertian budaya merupakan salah satu pengertian luas yang harus bisa dicerna dengan baik oleh masyarakat. Rasa saling tolong menolong, menghargai satu dan yang lain, termasuk dalam budaya.

“Ini penting karena dengan memahami budaya maka bisa menciptakan generasi muda yang berbudaya dalam kehidupannya,” ujar politisi Golkar ini.

Rencana Raperda tersebut harus disambut baik oleh pemerintah  daerah melalui dinas terkait, sehingga proses pengajuan serta pembahasannya dapat lebih terstruktur dengan baik. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM