Ketua MRP Papua Barat, Vitalis Yumte.

MRPB Dukung Ekspedisi Papua Barat Jika Visinya untuk Selamatkan Hutan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Majelis Rakyat Papua Barat atau MPRB menyatakan mendukung ekspedisi NKRI koridor Papua Barat yang telah dimulai di 8 kabupaten beberapa waktu lalu dan akan berakhir 4 bulan kedepan atau Mei 2016.

Ketua MRPB Vitalis Yumte mengatakan, ekspedisi NKRI Papua Barat perlu didukung sebab merupakan upaya untuk menyelamatkan flora dan fauna di Papua Barat. “Prinsipnya kami dukung tim ekspedisi kalau visinya mau menyelamatkan flora dan fauna di atas negeri ini.

Saya kira itu sangat baik ketimbang lebih banyak bicara ide dan gagasan, namun tidak diimplementasikan dalam kerja yang konkret, tidak ada aksi,” kata Yumte, kemarin.

Menurut Yumte, hutan Papua Barat perlu diselamatkan karena sudah hampir habis, sehingga ekspedisi tersebut penting dilakukan untuk mendapat referensi baru.

Dia mengatakan, referensi ekspedisi bisa dipakai untuk menentukan kebijakan terkait perizinan pengelolaan hutan melalui Ijin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu (IUPHHK).

“Hak Pengusahaan Hutan harus ditinjau kembali, bahkan ditutup. Kalau perlu tidak ada lagi ijin-ijin tersebut di provinsi ini. Papua Barat adalah provinsi konservasi,” kata Yumte.

Yumte berharap kehadiran tim ekspedisi juga bisa memberikan kontribusi pemikiran dari hasil penelitian terhadap keberadaan perkebunan berskala besar di Papua Barat, seperti kepala sawit.

“Pemberian ijin perkebunan ikut berkontribusi terhadap degradasi hutan di Papua Barat sehingga menimbulkan bencana lingkungan,” tegas Yumte.

Hasil ekspedisi tambah Yumte, juga bisa dipakai sebagai bahan kepada pemerintah untuk mengkaji perlu tidaknya dilakukan pemekaran provinsi maupun kabupaten di Papua Barat.

“Pemekaran wilayah ikut merusak hutan di Papua Barat. Kalau hal ini tidak direspon akan menimbulkan masalah.

Regulasi pemberian ijin pemanfaatan hutan dan pemekaran (juga) harus dikaji lagi. Semoga kegiatan ini berkontribusi kearah itu (menjaga hutan),” pungkasnya. |RASYID FATAHUDDIN