Ilustrasi, Pencari kerja

Pencaker di Manokwari Tembus 10 Ribu Orang

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-– Minimnya lapangan pekerjaan yang dibuka di Kabupaten Manokwari membuat angka pencari kerja (pencaker) di kabupaten ini dari tahun ke tahun terus meningkat. Ini menggambarkan bahwa perekonomian di Manokwari tergolong lemah.

Hingga kini tercatat ada 10 ribu lebih warga Manokwari yang masih mencari kerja. Angka tersebut diprediksi dapat bertambah saat dibuka lowongan pekerjaan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil.

Kabid Penta Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Manokwari, Appi Pakilaran, Jumat (12/2/2016) mengatakan, sejauh ini jumlah pencaker yang terdata sebanyak kurang lebih 10 ribu. Ini disebabkan karena minimnya lapangan pekerjaan yang dibuka di Kabupaten Manokwari.

Selain itu, harapan besar masyarakat Manokwari yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil dan tak ingin mencari pekerjaan lain, menyebabkan naiknya angka pencari kerja.

Namun angka tersebut bisa saja berkurang, jika ada penerimaan di sektor swasta dan pemerintah. “Angka pastinya dapat diketahui saat ada penerimaan CPNS,” ungkap Appi.

Dia berharap sektor swasta dapat membuka lowongan kerja sehingga dengan sendirinya angka pencari kerja dapat berkurang.

Sejauh ini koordinasi yang dibangun antara sektor swasta bersama Dinas Tenaga Kerja cukup baik. Beberapa lowongan pekerjaan di sektor swasta telah disampaikan ke dinas tersebut untuk dipublikasikan kepada masyarakat yang membutuhkan pekerjaan.|ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM