Demi Kenyamanan dan Keselamatan barang penumpang KM Ngapulu akan segara dilengkapi pemantauan Kamera CCTV.

Penumpang Sering Kehilangan, KM Ngapulu Segera Pakai CCTV

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com Dua orang penumpang Kapal Motor Pelni Ngapulu, mengaku kehilangan barang berharga selama pelayaran dari pelabuhan Sorong ke Manokwari, Jumat (12/2). Novita, penumpang asal Kota Sorong tujuan Manokwari dan Rudy, penumpang lain, mengaku kehilangan telepon genggam saat mereka tidur dalam pelayaran.

Novita mengaku setelah kehilangan sempat berusaha mencari tas tersebut bersama dua keluarganya namun hingga kapal bersandar di pelabuhan Manokwari tidak ditemukan.

“Padahal didalam tas ada pakaian, uang dan barang berharga lainnya. Pencuri nih tidak ada kerjaan kah apa jadi tinggal pancuri terus,” keluh Novita. Ia mengaku mengalami kerugian jutaan rupiah.

Sementara Rudy mengatakan telepon genggamnya yang hilang ber merk Samsung Grand Prime warna putih. “Padahal HP saya pegang, saya main game sampai tertidur, pas bangun lihat HP sudah tidak,” ujar Rudi dengan nada kecewa.

Rudy mengaku tidak mempersoalkan kehilangan telepon genggam namun ia menyesal karena nomor-nomor di dalam telepon juga ikut hilang. “Nomor-nomor didalam itu penting.”

Pihak KM Nggapulu menyatakan tidak bertanggungjawab atas kehilangan barang milik penumpang selama diatas kapal sebab mereka telah memperingatkan penumpang untuk berhati-hati.

“Kami sudah memberikan peringatan kepada penumpang yang hendak berlayar. Kami tidak bertanggungjawab atas kehilangan barang penumpang,” kata kepala keamanan KM Ngapulu Arif.

“Kami sudah peringatkan berulang kali sebelum kapal lepas tali, mau berangkat dan pada saat berlayar-pun kita sudah berulang kali berikan informasi kepada penumpang untuk menitipkan barang berharga kepada pihak kapal,” tutur Arif di ruang kerjanya kemarin pagi.

Arif menyatakan pihaknya sebenarnya telah meminta agar anggota TNI Polri ikut dalam pelayaran sebagai upaya mengurangi pencurian, namun hal itu membutuhkan biaya cukup mahal.

Ia menghimbau agar penumpang kapal menitipkan barang yang dianggap berharga ke pihak kapal jika ingin berlayar sebab itu jauh lebih aman ketimbang menyimpannya sendiri.

Terlepas dari, KM Ngapulu, ia mengungkap, kedepan akan memasang kamera CCTV di tiap sudut ruangan kapal untuk mengurangi kasus pencurian. “Kapal yang baru menggunakan CCTV adalah KM Tidar dan Lambelu,” ujarnya. |NASIR