Clinton Tallo

Pelni Kembali Buka Rute Manokwari – NTT

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Pembukaan rute baru lintas kapal putih yang menempuh jalur Manokwari-Nusa Tenggara Timur (NTT) di tahun 2016 ini nampaknya memiliki berkah tersendiri bagi ribuan masyarakat NTT yang berada di Tanah Papua.

Hal ini yang disampaikan Ketua Umum Flobamora Provinsi Papua Barat, Clintton C Tallo, kemarin. Ia mengatakan, harapan serta doa dari setiap warganya akhirnya terjawab di tahun 2016 ini.

“Sudah hampir 13 tahun kapal putih ini tidak lagi menempuh rute Manokwari-NTT atau sebaliknya, dan hal ini selalu dipertanykan masyarakat serta menunggu kapan pembukaan rute ini kembali,” ucapnya.

Dikatakan, pembukaan rute yang dilalui oleh kapal milik PT.Pelni ini juga, karena kerja keras dari organisasi masyarakat Nusa Tenggaran Timur melalui Flobamora Papua Barat. dimana permintaan masyarakat NTT hanyalah pembukaan kembali rute tersebut.

Mewakili ribuan masyarakat NTT di Tanah Papua, ia menyampikan terima kasih kepada Pemerintahan Pusat melalui Kementrian Perhubungan, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Pemerintah Provinsi Papua Barat serta Pemerintah Provinsi Papua yang sudah ikut berperan membuka rute kapal penumpang milik PT.Pelni ini.

“Karena selama ini jika kami ingin pulang ke kampung kami sangat susah karena transportasi yang sulit dan harus menunggu berhari-hari, sedangkan kalau mau dilihat jumlah kami di Tanah Papua ini sangat banyak ada ribuan masyarakat,”ujarnya.

Untuk itu dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat NTT yang ingin menggunakan jasa kapal putih milik PT.Pelni agar tetap mengikuti peraturan serta tata tertib yang sudah diberlakukan di kapal tersebut, sehingga pelayanan yang telah diberlakukan ini dapat terus berlangsung hingga waktu yang akan mendatang.

Diketahui saat ini kapal KM.Ngapulu Milik PT.Pelni ini telah membuka rute Manokwari-Sorong-Fakfak-Ambon-Kupang-Larantuka-Maumere- dan Surabaya. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM