SAMPAH TIDAK TERURUS. Sampah menutupi badan jalan di belakang Pasar Wosi, Manokwari, tak jauh dari Tempat Pembuangan Sampah Sementara yang mulai membusuk dan mengganggu aktivitas jual beli. Beberapa waktu lalu (Doc. CP)

Swasta Diminta Berperan Aktif Ciptakan Manokwari Bersih

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Pihak swasta diminta ikut berperan aktif dalam menciptakan situasi kota Manokwari yang bebas dari sampah. Salah satunya dengan berkoordinasi bersama pemerintah setempat dalam mengatasi masalah tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Manokwari, Alberth Bandi baru-baru ini terkait penanganan sampah di Manokwari.

Menurutnya, masalah sampah di Kabupaten Manokwari merupakan tanggungjawab bersama. Peran dari sektor swasta sangat diperlukan. Hal tersebut bisa ditunjukan dengan memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan taman atau kawasan hijau.

“Kalau mereka (pihak swasta) merasa Manokwari rumah kita, maka kita sama-sama bahu membahu membangun rumah kita ini dengan pro aktif membantu pemerintah membersihkan Kota Manokwari,” ucapnya.

Sebagai contoh, banyak lahan kosong atau bekas taman yang kini sudah dialih fungsikan sebagai tempat-tempat yang menimbulkan sampah. Selain itu banyak taman di Kota Manokwari yang terbengkalai dan tidak terurus dengan baik.

“Ada taman yang bisa di tata kembali, nanti ditaman tersebut kan bisa diberikan logo dari pihak swasta yang membantu pemerintah,”jelasnya.

Dikatakan Bandi, sejauh ini belum ada satu pun pihak swasta yang ingin membantu Pemerintah Kabupaten Manokwari, meskipun hal tersebut sudah pernah dibicarakan bersama pimpinan daerah.

“Kami akan selalu menerima mereka jika ada yang mau berkoordinasikan dengan kami, karena ini akan membantu pemerintah,”pungkasnya. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM