Gunung Meja, Salah satu Hutan Konservasi Manokwari

Minim Anggaran, Dishut Canangkan Program Rehabilitasi Hutan Kritis

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Dinas Kehuatan Kabupaten Manokwari akan terus berupaya melaksanakan program-program penghijuan di Kabupaten Manokwari.

Program yang sasarannya pada titik hutan yang mulai gundul ini akan dilaksanakan kembali pada tahun 2016, meskipun anggaran yang tersedia minim.

Kepala Dinas Kehuatan Kabupaten Manokwari, Erens Ngabalin kepada wartawan baru-baru ini mengatakan, berbeda dengan tahun 2015 lalu, rehabiltasi hutan gundul terbilang cukup sukses dilaksanakan, dimana program tersebut juga mendapat dukungan dana Alokasi Khusus (DAK) yang cukup memadai.

Namun untuk di tahun 2016 ini, DAK yang dipersiapkan untuk rehabilitasi hutan kritis itu mengalami penurunan hingga 50 persen dibanding tahun sebelumnya.

“Walaupun dananya mengalami penurunan, tetapi program tersebut akan terus dilakukan, ini penting mengingat sasaran yang kami tuju adalah hutan yang sudah kritis,”ucapnya.

Dijelaskan, pengurangan dana tersebut turunya cukup drastis, dimana pada tahun 2015 lalu DAK yang di peroleh Dinas Kehuatan Kabupaten Manokwari menyentuh nilai Rp 1,6 miliar, sedangkan di tahun 2016 ini DAK yang dialokasikan hanya Rp 800 juta.

“Dari jumlahnya sudah bisa terlihat jelas volumenya berkurang namun kegiatannya tetap berjalan,” jelasnya.

Nantinya penanaman kembali atau rehabilitasi hutan yang gundul tersebut akan dilakukan pada lahan yang gundul serta lokasi-lokasi rawan banjir. Selain itu juga terdapat beberapa jenis pohon buah-buah yang akan diikuti ditanam dilokasi tersebut.

Dimana hal tersebut bertujuan selain untuk menghijaukan lahan yang kritis juga dapat membantu nilai ekonomis masyarakat setempat dengan buah-buahan yang di hasilkan dari pohon tersebut. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM